Islam Berkembang Pesat di Guyana

Nada Husna, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 615 2177436 islam-berkembang-pesat-di-guyana-bA05DMryQx.jpg foto: ilustrasi/Okezone

KEBANYAKAN orang mungkin hanya tahu jika Islam berasal dari Arab Saudi yang terletak di Timur Tengah. Tapi tahukah Anda, sebenarnya Islam bisa tumbuh di berbagai negara dan memiliki sejarah tersendiri. Salah satunya ialah di negara Guyana.

Dilansir dari Mvslim, Senin (2/3/2020), Guyana terletak di Pesisir Utara Amerika Selatan dan memiliki populasi penduduk beragama Kristen relatif kecil di mana kurang dari 60%. Sebagian besar dari 40% sisanya diisi oleh umat Hindu dan Muslim. Negara multi-etnis ini bernama Guyana dan dihuni oleh hampir satu juta orang.

Hal luar biasa lainnya tentang Guyana adalah fakta bahwa bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa resmi. Ini karena Guyana adalah bekas jajahan Inggris hingga tahun 1966 dan ini menjelaskan mengapa orang-orang Guyana bukanlah tipikal orang Amerika Selatan.

Pada masa kolonial di negara itu, banyak suku Fula dibawa ke Guyana untuk bekerja sebagai budak. Suku Fula tersebar di beberapa negara di Afrika Barat. Melalui orang-orang ini, Guyana pertama kali berhubungan dengan Islam. Sayangnya, para budak ini tidak dapat mempraktikkan iman mereka dengan damai.

Oleh karena itu, bagian dari identitas mereka ini diambil dari mereka dari generasi yang berbeda. Selebihnya dari masa ini adalah bahwa muslim di Guyana masih secara teratur disebut Fula.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pengaruh kolonialisme

Masuknya Muslim kedua terjadi pada tahun 1838, ketika Guyana baru saja menjadi koloni Inggris. Di koloni mereka yang lain, India, Inggris mencari tenaga kerja untuk bekerja di Guyana. Dalam 80 tahun ke depan, hampir 250.000 orang diambil dari daerah perbatasan India, sehingga sebagian besar pekerjanya adalah warga Afghanistan. Penduduk baru Guyana saat itu berbicara bahasa Urdu dan terdiri dari 84% Hindu dan 16% Muslim.

Saat ini, orang-orang di sana hidup bersama dalam damai. Namun, tidak jelas berapa banyak orang Guyana yang beragama Islam, tetapi jumlahnya bervariasi antara 7 dan 10 %. Untuk jumlah masjid di Guyana sekitar 150 masjid.

Umat Islam di Guyana diakui oleh pemerintah. Hal tersebut dibuktikan pada saat Hari Raya Idul adha serta Maulid Nabi merupakan hari yang umum di Guyana.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya