Kisah Santri, Ketahuan Sembunyi Dalam Lemari Gara-Gara Buang Angin

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 614 2185031 kisah-santri-ketahuan-sembunyi-dalam-lemari-gara-gara-buang-angin-uCOZspW4sm.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

HIDUP bertahun-tahun di pondok pesantren tentu penuh suka dan duka. Sukanya adalah kehidupan santri kerap diwarnai canda tawa atau kisah lucu.

Seperti yang dikisahkan Hana, santri putri yang mondok di salah satu pesantren di Sukabumi. Jadi suatu waktu pada malam Senin, santri dikumpulkan berdasarkan asal daerah masing-masing. Lalu entah mengapa pada saat itu dirinya malas untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kemudian seorang temannya yang bernama Indah memunculkan ide yang dinilai nakal. "Waktu itu kami satu kamar ada lima orang santri dan jumlahnya terbilang sedikit dibandingkan kamar lainnya. Biasanya lebih dari lima orang," ujar Hana kepada Okezone belum lama ini.

Nah Indah memiliki ide untuk tidak ikut kegiatan, lalu mengajak bersembunyi di dalam lemari. Padahal lemari yang digunakan para santri ini tidak besar dan hanya cukup untuk satu orang.

"Aku kan orangnya penakut, temanku ini memang punya seribu akal buat menghindari sesuatu. Akhirnya kami satu kamar (lima orang santri putri) mengikuti ide si Indah ini," tutur Hana.

Agar tidak ketahuan pembimbing, mereka menyembunyikan jas almamater yang biasa digunakan untuk mengikuti setiap kegiatan santri. Bahkan sandal-sandal pun ikut disembunyikan di tumpukan pakaian kotor.

"Bukan cuma lemari, dua temanku lainnya bersembunyi di tumpukan kasur, karena kebetulan ukuran tubuh kami berlima kecil-kecil," ucap Hana.

Ketika mereka bersembunyi, pembimbing asrama datang mengecek apakah masih ada santri yang belum keluar untuk ikut kegiatan. Saat itu Hana terpaksa menahan rasa pegal karena memaksakan diri masuk ke dalam lemari yang cukup sempit.

Pembimbing masuk ke kamar Hana, mengecek satu per satu sandal dan jas almamater dan teman-temannya.

Namun sial, Indah mengacaukan segalanya. Ia yang memberi ide untuk sembunyi, malah kentut sehingga persembunyian mereka diketahui.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Indah sakit perut, dia sudah enggak bisa ingin kentut. Apesnya suara kentut Indah itu cukup kencang. Yaaah... akhirnya pembimbing membuka pintu lemarinya dan kami berlima akhirnya tertangkap basah haha," kata Hana.

Hana dan teman-temannya ini sudah melanggar aturan pesantren karena tidak mengikuti kegiatan wajib santri, yaitu berkumpul bersama teman-teman dari daerah masing-masing. Terlebih, mereka berbohong dengan cara bersembunyi dan berusaha menghilangkan jejak.

"Akhirnya kami dihukum oleh pembimbing, disuruh menyapu lapangan, menguras semua kamar mandi yang jumlahnya ada 15, diceramahi ibu asrama, sampai dihukum menghafal dua bab kitab Yaqulu (Nazham Maqshud) dalam jangka waktu satu minggu. Astaghfirullah... saya menyesal waktu itu. Tapi pengalaman tak terlupakan juga," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya