Antisipasi Corona, Warga Gaza Dibatasi Salat Jamaah di Masjid

Restu Prihargayu, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 614 2185234 antisipasi-corona-warga-gaza-dibatasi-salat-jamaah-di-masjid-hbcOtR8cuw.jpg ilustrasi: shutterstock

KEMENTERIAN Agama dan Sokongan Gaza mengeluarkan arahan tentang beribadah di publik terkait penyebaran virus corona (Covid-19). Pemerintah Gaza melarang mereka yang sedang menderita flu dan penyakit menular lainnya untuk tidak keluar rumah.

Bagi masyarakat yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, pemerintah meminta agar beribadah di rumah, karena risiko terjangkit COVID-19 semakin tinggi dan kemungkinan menulari orang di sekitarnya.

ist

Dilansir israelnationalnews, Rabu (18/3/2020), Pemerintah Gaza menjelaskan, bahwa langkah-langkah pencegahan ini sejalan dengan situasi saat ini di mana tidak ada kasus COVID-19 yang terdeteksi di Gaza dan bahwa pasien yang terinfeksi virus corona ditemukan.

Pemerintah akan melakukan langkah-langkah yang cepat, termasuk masyarakat Gaza melarang akses ke masjid dan tempat-tempat umum.

Pada hari Minggu lalu, Departemen Kesehatan di jalur Gaza mengkonfirmasi tidak ada kasus COVID-19 di Gaza. Dan pada hari Jumat lalu, Koordinator Kegiatan Pemerintah di Wilayah (COGAT) yang dipimpin oleh Jenderal Kamil Abu Rukun memberikan 200 alat uji COVID-19 ke Jalur Gaza.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Abu Rukun mengatakan virus corona dan penyakit lainnya tidak memiliki batas dan karenanya untuk mencegah penyebaran virus corona di Jalur Gaza dan memberantas wabahnya di wilayah Yudea dan Samaria adalah kepentingan utama Israel. “Wabah seperti ini dapat membahayakan kesehatan rakyat Israel,"ujar Abu Rukun.

Otoritas Gaza pada hari Sabtu lalu, mengumunkan serangkaian tindakan pencegahan baru di tengah kekhawatiran masyarakat Gaza tentang penyebaran virus COVID-19. Beberapa langkah yang disebutkan diantaranya penutupan perbatasan Rafah antara Gaza dan Mesir dan persimpangan Erez dengan Israel.

Selain itu, sekolah dan universitas di Jalur Gaza tetap ditutup hingga akhir Maret dan semua warga yang kembali dari luar Gaza akan ditempatkan di karantina di bawah pengawasan ketat pemerintah Gaza.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya