nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liga Muslim: Kebijakan Menutup Masjid Sesuai Syariat Islam

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 14:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 19 330 2185858 liga-muslim-menutup-masjid-sesuai-syariat-islam-OIOGBj5iuj.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

AKIBAT pandemik virus Corona (COVID-19) masjid ditutup di berbagai negara untuk sementara waktu, salah satunya di Arab Saudi.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) Liga Muslim Dunia, Mohammed al-Isa mengatakan, demi mencegah penyebaran COVID-19, selain masjid ditutup juga diberlakukan larangan sholat Jum’at. Namun terkecuali dua masjid, yaitu Masjidil Haram di Makkah dan Masjidil Nabawi di Madinah.

Isa juga mengatakan menutup sementara masjid-masjid untuk menghindari suatu penyakit merupakan bagian dari syariat Islam.

"(Penutupan masjid-masjid) ini dianggap sebagai kewajiban agama yang ditentukan oleh Syariat Islam dan aturan umum serta spesifiknya. Semua orang tahu bahwa pandemi ini mengharuskan mengambil setiap tindakan pencegahan termasuk mencegah segala bentuk pertemuan tanpa terkecuali," kata al-Issa dalam bahasa Arab di video Al Arabiya yang dilansir dari Sindonews pada Rabu, (18/3/2020).

Pada 17 Maret 2020 Pemerintah Arab Saudi telah memutuskan untuk menghentikan sementara sholat berjamaah di semua masjid di Kerajaan, kecuali Dua Masjid Suci di Makkah dan Madinah.

"Pintu masjid akan ditutup sementara tetapi mereka akan diizinkan mengumandangkan panggilan untuk sholat," katanya tertulis dalam surat pernyataan resmi Pemrintah Arab Saudi, seperti dilansir Arab News, Rabu. 18 Maret 2020.

Selain itu, dikutip dari situs KSA, Arab Saudi juga mengubah kalimah azan, yaitu semula Hayya ala sholah (marilah kita salat), menjadi Asholatu fi buyutikum (salatlah di rumah). Modifikasi azan ini diberlakukan sampai pemberitahuan selanjutnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini