Masjid Al Azhar, Salah Satu Masjid Tertua di Dunia dari Masa Khalifah Fatimiyah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 615 2187619 masjid-al-azhar-salah-satu-masjid-tertua-di-dunia-dari-masa-khalifah-fatimiyah-g8S6jm4yIg.jpg Foto: egypttoursportal

MASJID Al Azhar merupakan salah satu masjid tertua di dunia yang terletak di Kairo, Mesir. Melansir dari laman Egypt Tours Portal, Senin (23/3/2020), masjid ini dibangun oleh panglima Jauhar As-Shiqili lalu dibuka resmi oleh Khalifah Fatimiyah, Al-Mu'iz Lidinillah pada 7 Ramadhan 361 H/ 972 Masehi.

Bani fatimyah merupakan Dinasti yang menguasai Jazirah Arab dan Timur Tengah sekitar tahun 400 Hijriah. Dinasti ini menganut Aliran Syiah, sehingga dahulunya Universitas Al Azhar berpaham Syiah. Raja yang memimpin ketika itu bernama Jauhar Al-Siqli.

ist

Foto: Egypt Tours Portal

Masjid tersebut bernama Al Azhar setelah putri Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam, Fatimah al Zahraa ditunjuk untuk jamaah syiah Fatimiyah. Kemudian pada 988 Masehi berubah menjadi universitas karena menjadi lembaga pendidikan tertua kedua di dunia.

Universitas ini adalah salah satu pusat pembelajaran, menggambar, yang memiliki siswa dari Eropa dan seluruh kerajaan Islam terkemuka di dunia. Universitas tersebut dimulai dengan 37 cendekiawan yang bekerja sebagai guru agama, tetapi saat ini mereka menangani setiap bidang studi dari bahasa asing dan sastra.

Universitas Al Azhar pun mengalami banyak hal seiring berjalannya waktu, pada tahun 1171 M, universitas tersebut ditutup selama hampir 100 tahun oleh penguasa Ayyubiyah ketika orang Mesir mulai berlatih dan mengajar ajaran-ajaran sunni, tetapi pada tahun 1266 M dibuka kembali oleh Mamluk Sultan Al Zaher Baybars dan ajarannya adalah diganti dengan teologi sunni.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Arsitektur Masjid Al Azhar

Masjid Al Azhar dikenal sebagai perpaduan yang harmonis dari gaya arsitektur karena dibangun kembali, diperbesar dan dirancang ulang selama lebih dari 1000 tahun dengan berbagai modifikasi dan penambahan dibuat untuk masjid sepanjang sejarahnya yang panjang.

Di masjid ini, terdapat lima menara yang berdiri kokoh, tiga di antaranya dibangun pada 1340, 1469, dan 1510. Masjid Al Azhar juga memiliki area ibadah yang luas, sekolah-sekolah agama dan non-agama yang terkenal dengan istana pusat marmernya yang indah dan mempesona di tengah-tengah oposisi Prancis melawan Pasukan Prancis di paruh akhir abad ke-18. Masjid Al Azhar lebih dari sekadar rumah ibadah atau pendidikan, masjid tersebut merupakan simbol pencerahan dan kebenaran.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya