nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasib Ibadah Haji Masih Belum Jelas

Restu Prihargayu, Jurnalis · Senin 06 April 2020 16:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 06 614 2194978 nasib-ibadah-haji-masih-belum-jelas-P7JZbRwMUX.jpg Kakbah sempat dikosongkan untuk disterilisasi (Foto: News 18)

Apakah ibadah Haji yang dilakukan tahunan oleh jutaan umat Islam tahun ini akan ditunda karena pandemi virus corona?

Pertanyaan ini berada di benak jutaan muslim di seluruh dunia. Ibadah Haji yang dijadwalkan akan dimulai pada akhir Juli 2020 terancam ditunda setelah Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Muhammad Salih bin Taher Banten meminta umat Islam di berbagai belahan dunia untuk tak buru-buru mempersiapkan ibadah haji di tengah pandemi virus corona.

 Kakbah sempat dikosongkan karena corona

"Kami telah meminta saudara-saudara Muslim kami di seluruh dunia untuk menunggu dan bersabar sebelum membuat rencana ibadah haji, sampai ada kejelasan lebih lanjut," ujar Menteri Haji dan Umrah Muhammad Salih.

"Kami telah meminta jamaah di berbagai belahan dunia untuk tidak terburu-buru berkaitan dengan naik haji sampai jalur epidemi menjadi jelas, mengingat keselamatan para jamaah haji dan kesehatan masyarakat sebagai prioritas," katanya menambahkan.

Seperti dilansir dari Arab News, Senin (6/4/2020), Departemen Kesehatan Arab telah mengambil langkah pencegahan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Makkah dan Madinah. Namun total lebih dari 480 orang yang terinfeksi telah dilaporkan di dua kota suci sejauh ini.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi telah menunda ibadah umrah bagi para jamaah dari berbagai belahan dunia.

Mereka juga membatalkan semua penerbangan penumpang internasional, dan memblokir jalan masuk dan keluar ke beberapa kota, termasuk Makkah dan Madinah.

Total ada 25 korban kematian yang dilaporkan dari total 2.000 orang terinfeksi, akibat pandemi corona di Arab Saudi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini