Amalan Sunah di Malam Nisfu Sya'ban, dari Yasinan hingga Baca Syahadat

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 330 2195623 amalan-sunah-di-malam-nisfu-sya-ban-dari-yasinan-hingga-baca-syahadat-9mrkvRHQVz.jpg Ilustrasi. Foto: NPR

SALAH satu malam yang diagungkan dalam Islam adalah malam Nisfu Sya'ban. Waktu tersebut jatuh setiap 15 Syaban yang artinya itu hari ini menurut kalender Islam. Sedangkan menurut kalender masehi yakni pada Rabu (8/4/2020) malam.

Malam Nisfu Sya’ban mengandung banyak keutamaan, salah satunya malam diampuninya dosa-dosa kecuali dosa syirik. Hadits riwayat Mu'adz bin Jabal, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya'ban. Dan Dia akan mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan".

Sementara Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan dianjurkan memperbanyak amalan sunah pada malam Nisfu Sya’ban. “Banyak sekali pahala jika umat Islam menjalankan anjuran atau sunah pada malam Nisfu Syaban," ujar kepada Okezone..

Lebih lanjut, berikut ini adalah amalan-amalan yang baik dilakukan ketika malam Nisfu Syaban tiba:

1. Memperbanyak doa (Membaca Surah Yasin)

Pada malam Nisfu Syaban, umat Islam dianjurkan membaca Surah Yasin (Yasinan) sebanyak tiga kali dan berdoa sebanyak-banyaknya. Bacaan tersebut dikhususkan untuk menyambut buku catatan amal yang baru.

Selain itu amalan ini juga bisa diniatkan sebagai permohonan kepada Allah SWT agar dianugerahkan umur panjang, diberi perlindungan dari segala marabahaya, serta diberi kekayaan hati dan dimatikan dalam keadaan husnul khatimah.

Dari Anas Bin Malik, Nabi Muhammad SAW bersabda :

مَنْ دَاوَمَ عَلَى قِرَاءَةِ يس كُلَّ لَيْلَةٍ ، ثُمَّ مَاتَ ، مَاتَ شَهِيْدًا

Artinya: "Siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, kemudian ia mati, maka ia mati dalam keadaan syahid." (HR. At-Thobroni:7217).

2. Memperbanyak Istighfar.

Amalam istighfar dijalankan sebagai pengingat bahwa manusia hanyalah makhluk yang tidak memiliki banyak daya sehingga masih membutuhkan pertolongan Allah SWT. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan,

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم

Artinya: "Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan,

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة "لا إله إلا الله محمد رسول الله".

Artinya: "Seyogyanya seorang Muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya."

"Mari kita memperbanyak amal saleh, agar buku amalan kita tercatat amalan-amalan baik," ucap Ainul mengenai ibadah di malam Nisfu Sya’ban tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya