Sempat Terlantar, Begini Indahnya Penampakan Tempat Bersejarah Masjid Hala Sultan Tekke

Ragiel Try Julianto, Jurnalis · Jum'at 17 April 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 615 2200614 sempat-terlantar-begini-indahnya-penampakan-tempat-bersejarah-masjid-hala-sultan-tekke-6mj0DjiY7K.jpg Imam Shakir Alemdar di depan masjid bersejarah (Foto: Daily Mail)

Seorang imam di Siprus, Imam Shakir Alemdar terus bertekat menghidupkan kembali tempat-tempat ibadah umat Islam di pulau Mediterania tersebut. Tempat bersejarah tersebut salah satunya Masjid Hala Sultan Tekke.

Jamaah Masjid Hala Sultan Tekke berasal dari daerah-daerah yang jauh. Mereka traveling hanya untuk sekedar mengagumi maupun ibadah di masjid tersebut.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Masjid Hala Sultan Tekke atau Masjid Umm Haram adalah sebuah masjid yang dibangun pada tahun 648 SM yang berada di tepi barat Danau Garam Larnaca, sekitar 6 kilometer dari bagian barat Larnaca.

 masjid hala sultan tekke

Masjid ini merupakan tempat dimakamkannya Ummu Haram yang wafat pada masa penyerbuan pasukan Islam yang pertama ke Pulau Siprus antara tahun 647-649 M, yang ahirnya menjadikan Siprus sebagai bagian dari wilayah Islam kala itu.

Para jamaah yang berasal dari tempat-tempat yang jauh suka berdoa di masjid bersejarah ini. Imam Shakir Alemdar berjasa dalam menghidupkan tempat ini.

"Bagi orang-orang Siprus keturunan Turki, tempat ini memiliki makna yang sangat besar. Semua orang suka tempat ini," kata Imam Shakir Alemdar.

Imam Shakir Alemdar menjadikan pelayanan di Masjid Hala Sultan Tekke sebagai pekerjaan seumur hidupnya. Ia waktu itu sempat merasa sedih menyaksikan Masjid Hala Sultan Tekke yang terlantar.

Akhirnya dia berhasil memenangkan hati pemerintah agar bisa memanfaatkan dan menghidupkan kembali masjid bersejarah itu. Ia juga masih berjuang menghidupkan kembali masjid-masjid lainnya yang terlantar."Ini perjuanganku," katanya.

"Ini merupakan keuntungan besar bagi negara anggota Uni Eropa, Siprus memiliki tempat-tempat bersejarah Islam ini," kata Imam Shakir Alemdar.

Baru-baru ini, sebelum wabah corona merebak, sejumlah turis datang ke Masjid Hala Sultan Tekke. Mereka merupakan orang keturunan Bangladesh Inggris.

"Mereka menemukan ketenangan di sini. Ini adalah tempat yang unik dan hadiah bagi warga Siprus," kata Imam Shakir Alemdar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini