Wali Kota New York Bagikan Menu Buka Puasa dan Sahur Selama Ramadhan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 614 2206047 di-tengah-pandemi-wali-kota-new-york-bagikan-menu-buka-puasa-dan-sahur-selama-ramadhan-3nM7nNbKaS.jpg Foto: CNN

EFEK pandemi COVID-19, banyak warga New York yang merasa hidupnya berubah drastis, tak terkecuali umat muslim di sana yang harus menjalani Ramadhan dalam keterbatasan.

Seperti di Indonesia, muslim New York pun harus menjalani ibadah di rumah saja. Tak ada yang namanya sholat tarawih berjamaah atau membaca Alquran bersama-sama di dalam masjid. Puasa pun dijalani di rumah saja.

Untuk membantu muslim yang menjalankan Ramadhan di rumah saja, pemerintah New York membagikan lebih dari 500 ribu makanan halal agar mereka tak dipusingkan dengan urusan 'mau sahur dan buka puasa dengan apa hari ini kalau nggak bisa kemana-mana'.

"Salah satu amalan baik yang bisa dikerjakan saat Ramadhan adalah membagikan kebaikan pada sesama manusia," kata Wali Kota New York Bill de Blasio, seperti dilansir CNN, Selasa (28/4/2020).

Kondisi pandemi membuat umat muslim semakin sulit dalam menjalani Ramadhan dan karena itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk meringankan beban Muslim New York dengan membantu mereka. New York sendiri ditinggali oleh 22% umat muslim di seluruh Amerika Serikat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pemerintah sadar betul, umat muslim ini sangat membutuhkan bantuan dari semoga saja makanan halal yang diberikan selama Ramadhan berlangsung bisa membantu. Ini menjadi bentuk solidaritas pemerintah dengan komunitas yang ada di New York.

Makanan halal ini akan didistribusikan di lima wilayah dengan jumlah muslim yang cukup banyak. Sebanyak 400.000 makanan halal akan tersedia di 435 situs sekolah. Lalu, 100.000 makanan halal lainnya akan didistribusikan melalui dapur umum, dapur makanan, dan organisasi masyarakat.

Di sisi lain, pemerintah New York berencana akan menyediakan 10 juta makanan gratis untuk seluruh warga pada April ini dan 15 juta makanan lainnya di Mei mendatang.

"Kami ingin tak ada warga New York yang kelaparan," kata Wali Kota De Blasio. Ia yakin, dengan memberikan makanan, ini akan menekan angka kelaparan di kotanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya