Humor Gus Dur: Sayembara Tebak Umur Mumi

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 614 2208899 humor-gus-dur-sayembara-tebak-umur-mumi-MoslZs7hUB.jpg Mumi Piramida Giza (Foto: Reuters)

SIKAP represif aparat keamanan saat rezim Orde Baru membuat KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur gerah. Tak bosan ia mengkritiknya dengan gaya cerita humornya.

Gus Dur bercerita pemerintah Mesir mengadakan sayembara untuk menebak usia mumi di dalam piramid Giza. Puluhan ahli paleoantropologi dari seluruh penjuru dunia datang untuk mencoba sayembara.

Perwakilan dari Indonesia saja yang berbeda. Seorang jenderal datang ke sana. Delegasi lainnya sampai keheranan.

"Bolehkah saya memeriksa muminya di ruangan yang sangat tertutup," ujar si jenderal meminta kepada panitia sayembara.

(Baca Juga : Kisah Nabi Zakaria Mati Syahid karena Halangi Pernikahan Terlarang)

Sang jenderal pun diantar ke sebuah ruangan. Hanya ada dia dan mumi di dalamnya. Lima belas menit kemudian, sang jenderal keluar ruangan dan melaporkan hasil temuannya.

"Setelah melakukan penyelidikan, dapat saya laporkan bahwa mumi ini usianya 6.245 tahun enam bulan tujuh hari," katanya dengan sangat lancar.

Panitia dan delegasi lainnya terkejut mendengar detail laporan itu karena jawabannya tepat. Para wartawan tentu saja ingin tahu metode yang digunakan sang jenderal untuk menebak umur mumi tanpa membawa peralatan apa-apa.

"Gampang sekali untuk mengetahui detil umurnya. Saya pukuli muminya. Ngaku sendiri dia," terang si jenderal dengan percaya diri.

(Baca Juga : Istri Baru Jadi Mualaf, Begini Potret Kebahagiaan Rama Michael) 

Cerita Gus Dur ini sejatinya untuk menyentil cara militeristik Orde Baru dalam mengatasi pergolakan di tengah masyarakat. Gus Dur tidak menunjuk pihak yang dimaksud, tapi orang awam pun paham apa maksud di balik lelucon tadi.

*Dilansir dari buku Gus Dur, Kisah-Kisah Jenaka dan Pesan-Pesan Keberagaman karya Marwini, S.H.I., M.A., M.Si.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya