Kisah Nabi Zakaria Mati Syahid karena Halangi Pernikahan Terlarang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 614 2208715 kisah-nabi-zakaria-mati-syahid-karena-halangi-pernikahan-terlarang-Qe0rCpNO16.jpg Ilustrasi. Foto: Baztab

Pernikahan antara orangtua dengan anak dilarang oleh agama, sekalipun dengan anak tiri. Hal ini dianggap melanggar aturan agama.

Namun pada zaman Nabi Zakaria, ada seorang raja bernama Herodus tak menyetujui hal tersebut. Ia tetap ingin menikah dengan anak tirinya yang bernama Herodia. Kabar ini pun terdengar Nabi Zakaria dan ia berusaha untuk mengingatkan niat tercela itu.

Dalam buku Kisah-Kisah 25 Nabi dan Rasul karya Ali Nurfadhilah, Nabi Zakaria as menggunakan aturan yang terkandung di dalam kitab Taurat maupun Zabur untuk menegur Raja Herodus. Di kitab itu tertulis, mengawini anak tiri itu dilarang dan haram hukumnya.

Mendengar penjelasan itu, Raja Herodus murka. Hatinya sudah dibutakan olen nafsu setan dan ia tak menerima apa yang disampaikan Nabi Zakaria.

Tidak hanya sang Raja yang marah, Herodia pun kesal mendengarnya. Ya, anak tiri itu ternyata haus kekayaan dan kekuasaan dan ia tidak merasa bersalah ketika Raja Herodus yang merupakan ayah tirinya, menikahinya.

Seluruh orang istana gempar, mereka setuju dengan apa yang disampaikan Nabi Zakaria. Raja pun malu, ia mencari jalan untuk menyingkirkan Nabi Zakaria, salah satunya dengan membunuhnya.

Sang Raja memerintahkan prajurit untuk menangkap Nabi Zakaria. Namun rakyat melindungi Nabi Zakaria yang sudah berusia lanjut. Nabi bersembunyi di belakang Baitul Maqdis dan prajurit terus memburunya ke sana. Nabi dikepung tentara Herodus.

Pada saat seperti itu, Nabi Zakaria melihat pohon besar yang tengahnya membelah. Ia masuk ke dalamnya dan pohon tersebut mengatup kembali. Dengan begitu, tentara Raja tak bisa menemukannya.

Namun ada orang yang memberitahu persembunyian Nabi Zakaria. Orang tersebut ternyata jelmaan iblis. Prajurit pun mempercayai orang tersebut dan tanpa aba-aba pohon besar itu ditebang bagian tengahnya.

Sesaat kemudian darah merah mengalir deras dari pohon tersebut. Dengan demikian, para prajurit mengira telah membunuh Nabi Zakaria dan ia pun dinyatakan mati syahid.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya