Humor Gus Dur: Ngalap Berkah Minuman Imam

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2020 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 614 2209925 humor-gus-dur-ngalap-berkah-minuman-imam-GnvstU8ggr.jpg

TINGGAL di pondok pesantren membentuk kepribadian KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang rendah hati. Meski berasal dari kalangan 'darah biru' ulama besar, ia punya selera makanan yang merakyat.

Suatu ketika Gus Dur disuguhi teh panas dan dua piring kue saat berkunjung ke sebuah pesantren di Kediri, Jawa Timur. Imam Anshori Saleh, seorang jurnalis yang selalu mendampinginya tiba-tiba dikejutkan aksi Gus Dur yang mengambil gelas teh bekas Imam. Ia terlambat mengingatkan.

"Lo, Gus itu sudah saya minum."

"Nggak apa-apa, Mas. Saya ingin ngalap berkah sampeyan, kok (mendapat keberkahanmu)," ujar Gus Dur menepis rasa sungkan Imam dengan candaan.

(Baca Juga : Mengintip Gaya Hidup Jetset Putra Raja Salman)

Tamu yang berada di ruangan itu pun tergelak. Gus Dur dengan tenang langsung menghabiskan teh di gelas tadi sampai habis.

"Dulu waktu di pondok, saya biasa minum rame-rame dari satu gelas. Biasa-biasa saja," urai cucu pahlawan nasional KH Hasyim Asy'ari ini usai menyelesaikan minumnya.

Tak lupa ia mengenang masa mudanya ketika menjadi santri. Ia terbiasa menanak nasi atau ngliwet dan makan bersama empat sampai tujuh orang santri lainnya di nampan besar menggunakan tangan langsung.

"Wah, rasanya nikmat sekali, Mas. Tapi kalau lauknya berkuah itu yang susah," ungkap Gus Dur sambil terkekeh.

(Baca Juga : 5 Potret Yan Vellia, Sosok Istri yang Setia Dampingi Didi Kempot hingga Akhir Hayat)

Gus Dur tercatat pernah menjadi santri di Tambakberas, Jombang, Ponpes Tegalrejo, Magelang, dan Ponpes di Krapyak, Yogyakarta. Pengalamannya menjadi santri pun membuatnya bisa menerima sajian makanan ala kadarnya di pesantren yang dikunjungi maupun suguhan di rumah-rumah rakyat ataupun warung pinggir jalan.

*Diadaptasi dari buku Mata Batin Gus Dur:Cerita-Cerita Unik Bersama Sang Kiai karya Imam Anshori Saleh

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya