Share

6 Amalan yang Dicontohkan Rasulullah Menjelang Sholat Idul Fitri

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 616 2214076 6-amalan-yang-dicontohkan-rasulullah-menjelang-sholat-idul-fitri-bimpNJpmxo.jpg ilustrasi: shutterstock

TANGGAL 1 Syawal menjadi momen kemenangan bagi umat Islam yang telah menjalani ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh. Umat Islam pun melaksanakan sholat Idul Fitri pada pagi harinya.

Namun sholat Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di tengah wabah virus corona (COVID-19). Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa resmi tentang panduan tata cara takbir dan sholat Idul Fitri di tengah pandemi.

"Ketentuan umum dalam fatwa ini yang dimaksud dengan COVID-19 adalah penyakit menular yang yang ditemukan pada 2019," kata Sekjen MUI, K.H Anwar Abbas dalam keterangan resminya yang Okezone terima, Kamis (14/5/2020).

Kemudian dalam fatwa MUI tersebut, terdapat pula sunah-sunah atau amaliah pada hari Idul Fitri seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam yaitu sebagai berikut:

1. Mandi dan memotong kuku

2. Memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian

3. Makan sebelum melaksanakan Sholat Idul Fitri. Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

"Dari Anas ra. berkata: Rasulullah tidaklah keluar pada hari Idul Fitri (ke tempat sholat) sampai beliau makan beberapa kurma terlebih dahulu." (HR. Imam al-Bukhari)

4. Mengumandangkan takbir hingga menjelang sholat

5. Melewati jalan yang berbeda antara pergi dan pulang

6. Saling mengucapkan selamat (tahniah al-id) antara lain mengucapkan dengan

ุชู‚ุจู„ ู‡ู„ู„ุง ู…ู†ุง ูˆ ู…ู†ูƒู…

Selain itu adapun ketentuan hukum sunah berkaitan dengan sholat Idul Fitri yang dikeluarkan MUI melalui fatwanya, yaitu di antaranya:

1. Sholat Idul Fitri hukumnya sunnah muakkadah yang menjadi salah satu syiar keagamaan (syiar min sya'air al-Islam)

2. Sholat Idul Fitri disunahkan bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, merdeka maupun hamba sahaya, dewasa maupun anak-anak, ketika sedang di kediaman maupun bepergian (musafir), secara berjamaah atau sendiri (munfarid)

3. Sholat Idul Fitri sangat disunahkan untuk dilaksanakan secara berjamaah di tanah lapang, masjid, musala dan tempat lainnya

4. Sholat Idul Fitri berjamaah boleh dilaksanakan di rumah

5. Pada malam Idul Fitri umat Islam disunnahkan untuk menghidupkan malam Idul Fitri seperti dengan takbir, tahmid, tasbih, serta aktifitas ibadah lainnya.

6. Kemudian khutbah saat sholat Idul Fitri hukumnya adalah sunah yang merupakan kesempuranaan dari sholat itu sendiri

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Meski Sholat Idul Fitri hukumnya adalah sunah, Namun Rasulullah sangat menganjurkan untuk mengerjakannya. Hal ini karena sebagai tanda kesempurnaan seorang muslim di hari raya Idul Fitri.

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

"Dari Ummi โ€˜Athiyyah RA berkata: Kami diperintahkan untuk keluar pada hari raya โ€˜Id sehingga kami mengajak keluar para gadis dari pingitannya dan mengajak pula wanita yang haid (untuk mendatangi tempat shalat Ied), dan mereka mengambil posisi di belakang shaf jamaah.

Mereka bertakbir dengan mengikuti takbir para jamaah, dan berdoa(mengaminkan) dengan mengikuti doa para jamaah, dengan berharap keberkahan dan kesucian hari tersebut." (HR. Imam al-Bukhari).

Kemudian dalam riwayat hadist Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam lainnya bersabda:

"Dari Abi Umamah RA, Rasulullah bersabda: โ€˜Barang siapa yang melaksanakan qiyamullail pada dua malam Ied (Idul Fitri dan Adha), dengan ikhlas karena Allah Taโ€™ala, maka hatinya tidak akan pernah mati di hari matinya hati-hati manusia." (HR. Imam Ibnu Majah).

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini