Makan di Depan Orang Puasa, Bagaimana Hukumnya?

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 330 2215220 makan-di-depan-orang-yang-enggak-puasa-bagaimana-hukumnya-S4J0A5yBtL.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

BAGAIMANA hukum makan dan minum di hadapan orang yang sedang berpuasa, bagi orang yang berhalangan puasa? Pertanyaan ini mungkin membuat banyak orang penasaran.

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya menjawabnya. Ketika Anda makan dan minum di depan orang yang sedang berpuasa, jika dilihat dalam Alquran maupun hadits-hadits (Sunah) tidak ada pembahasan khusus yang menjelaskan.

buka puasa

"Secara hukum tidak ada yang spesifik menjelaskan hukum haram, boleh, atau tidaknya makan dan minum di depan orang yang sedang berpuasa," katanya saat dihubungi Okezone, Minggu (17/5/2020).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Namun demikian, hal ini lebih menyangkut ke dalam etika terhadap sesama manusia, saling menghargai orang yang berpuasa dan tidak puasa. Sehingga dalam berhubungan sosial tidak akan ada yang saling berprasangka buruk satu sama lainnya.

"Sebagai orang yang hidup bersosial sepatutnya kita harus saling harga-menghargai, hormat menghormati, dan seyogyanya orang yang tidak puasa makan di depan orang yang sedang berpuasa meminta maaf atau meminta izin terlebih dahulu kepada orang yang berpuasa," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini