Al Azhar: Umat Islam Harus Sholat Idul Fitri di Rumah

Hantoro, Jurnalis · Senin 18 Mei 2020 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 614 2215713 al-azhar-umat-islam-harus-sholat-idul-fitri-di-rumah-Nru56mxcxV.jpg Al Azhar Mesir. (Foto: Al Azhar)

CENDEKIAWAN senior Al Azhar Mesir menyatakan umat Islam di sana harus melakukan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah di rumah. Hal ini dampak masih merebaknya corona virus disease (covid-19) di sana.

Umat Islam dapat menunaikan ibadah sunah ini secara sendirian atau bersama anggota keluarganya, demi menjaga diri dari serangan virus corona.

Baca juga: Hukum Sholat Berjamaah dengan Shaf Longgar, Sah atau Tidak? 

Menteri Wakaf Mesir Mohammad Mokhtar Gomaa mengatakan pada hari raya Idul Fitri nanti pihaknya akan menyiarkan doa dan takbir melalui siaran televisi dan radio. Hal ini bakal dilakukan beberapa kali sebelum Sholat Id dilaksanakan.

Ia menyatakan bakal menyiapkan beberapa kali pertemuan dengan kabinet pemerintahan untuk membahas rencana pelaksanaan ibadah pada Idul Fitri tersebut.

Ilustrasi sholat. (Foto: Okezone)

Kementerian Wakaf Agama Mesir sendiri pada Maret lalu sudah mengeluarkan perintah ke masjid-masjid untuk meniadakan Sholat Jumat dan berjamaah.

Baca juga: Diaspora Indonesia di AS dan Kanada Galang Solidaritas Hadapi Pandemi Corona 

"Keputusan itu didasarkan pada persyaratan kepentingan nasional dan Islam dalam perlunya menyelamatkan sesama," jelas pernyataan kementerian tersebut, seperti dikutip dari egyptindependent, Senin (18/5/2020).

Kemudian Imam Besar Masjid Al Azhar Syekh Ahmed al Tayyeb menegaskan penundaan Sholat Jumat dan berjamaah merupakan bagian dari langkah-langkah menanggulangi pandemi virus corona.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Masjid Al Azhar juga mengumumkan bahwa sholat di masjid pada sepuluh hari terakhir Ramadan akan dilakukan tanpa kehadiran publik, namun disiarkan melalui media sosial Facebook dan Youtube.

Baca juga: Hukum Sholat Berjamaah dengan Shaf Longgar, Sah atau Tidak? 

Hari raya Idul Fitri. (Foto: Istimewa)

Mereka menekankan bahwa umat Islam di sana harus salat di rumah dan mematuhi pedoman pencegahan wabah virus corona dari Kementerian Kesehatan Mesir.

Pandemi virus corona di Mesir dilaporkan telah berdampak pada aspek kehidupan keagamaan. Sejumlah badan keagamaan Mesir memerintahkan perubahan dalam ibadah untuk membantu mencegah persebaran wabah.

Baca juga: Bintang Real Madrid Ajak Umat Islam Saling Bantu di Tengah Pandemi Corona 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya