Hanya Masjid Al-Akbar Surabaya yang Dapat Izin Gelar Sholat Idul Fitri

INews.id, Jurnalis · Senin 18 Mei 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 614 2216053 hanya-masjid-al-akbar-surabaya-yang-dapat-izin-gelar-sholat-idul-fitri-9t5pErNfVu.JPG Masjid Al-Akbar, Surabaya, Jawa Timur (Foto: Okezone.com)

GUBERNUR Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa Pemprov Jatim tidak pernah menerbitkan surat edaran pelaksanaan salat Idul Fitri ke seluruh masjid di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Menurut dia, surat imbauan pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah yang pernah diterbitkan Pemprov Jatim itu dikhususkan untuk Masjid Al-Akbar Surabaya saja, bukan tertuju pada masjid secara umum.

“Jadi surat ini hanya untuk badan pengelola Masjid Nasional Al-Akbar,” kata Khofifah, menukil laman iNews.id, Senin (18/5/2020).

Khofifah mengatakan, lebih elok menghindari ketidakbaikan dan didahulukan ketimbang melaksanakan kebaikan. Peraturan dan imbauan yang selama ini diterapkan oleh pemprov, pemkab maupun pemkot kata dia, juga akan tetap berlaku pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Mantan Menteri Sosial itu mengajak masyarakat menggelar silaturahmi Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah secara virtual untuk sementara waktu.

Tujuannya jelas, untuk menghindarkan masyarakat dari penularan virus corona. Sekdaprov Jatim sebelumnya mengeluarkan surat imbauan kepada Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya yang berisi izin atau memperbolekan diadakannya salat Idul Fitri.

Khofifah

Adanya surat imbauan ini sebagai tindak lanjut dari masukan tokoh agama serta surat edaran yang dikeluarkan oleh MUI Jatim agar pemerintah daerah kembali mengaktifkan masjid dan musala.

Kendati mengantongi izin, namun protokol pencegahan Covid-19 harus tetap dilakukan secara ketat. Misalnya, shaf atau baris antarjamaah tetap diberi jarak 1,5 hingga dua meter, khutbah diperpendek, tidak berkerumun saat masuk ataupun keluar masjid, dilakukan pengecekan suhu tubuh, penyediaan bilik disinfektan, dan halaman masjid bersih dari sandal dan sepatu para jamaah.

Adapun untuk penyelenggaraan salat Idul Fitri di daerah lain, kewenangannya diserahkan ke pemerintah setempat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya