MUI Pusat Tak Mengirim Tim Falakiyah Lakukan Rukyatul Hilal

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 22 614 2218028 mui-pusat-tak-mengirim-tim-falakiyah-lakukan-rukyatul-hilal-Xn6NeMMcwh.JPG Sekjen MUI, Anwar Abbas (Foto: Ist)

KEMENTERIAN Agama RI (Kemenag) sore ini akan menggelar sidang isbat menentukan kepastian 1 Syawal 1441 Hijriah atau Idul Fitri 2020.

Nantinya akan melibatkan tim falakiyah dari berbagai kalangan, seperti ormas Islam di Indonesia. Sementara Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak mengirimkan ahli falakiyah.

"MUI Pusat tidak ada (tim falakiyah), kalau MUI daerah mungkin ada," kata Sekjen MUI, KH Anwar Abbas saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Lebih lanjut, kata Kiai Anwar, meski MUI Pusat tidak menerjunkan tim falakiyah untuk rukyatul hilal, namun MUI tetap akan mengirimkan perwakilan untuk ikut andil dalam sidang isbat sore nanti.

"MUI sore ini akan ikut dalam sidang isbat dan diwakili oleh Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI, KH. Abdullah Jaidi," ujarnya.

Baca juga: Wamenag Ajak Umat Islam Kumandangkan Takbir di Malam Idul Fitri

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Agus Salim mengatakan, dalam pelaksanaan sidang isbat tahun ini tidak akan melibatkan banyak perwakilan lembaga keagamaan di kantor Kemenag.

Ilustrasi

Pihak-pihak perwakilan yang akan dijadwalkan hadir mengikuti sidang isbat, antara lain Wakil Menteri Agama (Wamenag), MUI, serta Komisi VIII DPR RI.

"Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam kita undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan," kata Agus dalam keterangan resminya.

Baca juga: Ini Pengertian Sidang Isbat dan Tahapan Pelaksanaannya

Selain itu, sidang isbat kali ini proses dan hasilnya selain di televisi akan diumumkan langsung di media sosial (medsos) secara langsung melalui live streaming. Sehingga masyarakat bisa memantaunya. "Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini