Buka Puasa secara Virtual Vlogger Arab Pecahkan Rekor Dunia

Restu Prihargayu, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 614 2218757 buka-puasa-secara-virtual-vlogger-arab-pecahkan-rekor-dunia-Kmf43LH0Nk.png Vlogger Arab Saudi pecahkan rekor terkait buka puasa. (Foto: Istimewa/Saudigazette)

ENAM Youtuber asal negeri Arab berupaya memecahkan Guinness World Record dengan tema Ramadhan pada Selasa 19 Mei 2020. Kemudian di hari yang sama, Youtube menyelenggarakan buka puasa atau iftar virtual di Arab Saudi. Mereka pun bekerja sama dengan enam vloger terkenal di Arab Saudi.

Mengutip dari Saudi Gazette, Sabtu 23 Mei 2020, vloger tersebut adalah Mohamed Moshaya, Noor Stars, Wartawan Saudi, Keluarga Anasala, Asrar Aref, dan Omar Hussein.

Mereka berbuka puasa bersama-sama dari rumah masing-masing. Kemudian mempersilakan teman, keluarga, atau penggemar untuk terhubung secara daring agar dapat menerapkan jaga jarak sosial dampak pandemi covid-19.

Tidak butuh lama dari dimulainya siaran langsung. Acara ini kemudian dilihat lebih dari 3 juta kali penonton.

Kepala Kemitraan Youtube di MENA Diana Baddar mengatakan, "Selama bertahun-tahun, mereka para Youtuber Arab Saudi telah membangun komunitas yang membantu jutaan penontonnya dengan tertawa, belajar, dan bahkan menciptakan."

"Kami senang dapat bekerja sama dengan Youtuber yang paling dicintai di dunia Arab untuk menyiarkan langsung iftar virtual. Saya bangga melihat mereka berkumpul bersama menciptakan pengalaman yang tak terlupakan ini di Youtube yang menunjukkan kekuatan platform ini dalam menyatukan orang-orang selama masa sulit ini."

Ilustrasi buka puasa. (Foto: Istimewa)

Sementara Manajer Pemasaran Senior Guinness World Records Shaddy Gaad mengatakan, "Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada komunitas Youtuber di Arab Saudi atas pencapaian mereka. Keinginan mereka untuk menyebarkan berita melalui upaya rekor dunia terbayar. Ribuan orang menyaksikan upaya itu secara online, sementara banyak orang lain mendengar berita itu di media regional."

"Sekarang penting, mungkin selama masa-masa sulit ini lebih dari sebelumnya, untuk terhubung dengan komunitas secara digital. Dengan menjadi tuan rumah upaya rekaman online, Youtuber yang berpartisipasi membuka dunia kemungkinan untuk terhubung dan berbuka puasa dengan penggemar di seluruh dunia sambil tetap aman di rumah," lanjutnya. 

Mohamed Moshaya, salah satu Youtubers Arab Saudi, mengatakan live streaming ini benar-benar luar biasa dan sangat menyenangkan setelah melihat begitu banyak orang di komunitas yang berpartisipasi.

"Itu adalah momen yang membanggakan ketika Guinness World Records mengatakan kami menetapkan judul baru dengan lebih dari 182.000 penonton secara bersamaan," ungkapnya.

Sementara Youtubers Keluarga Anasala menyatakan bahwa mereka memang suka membuat sejarah baru dan menyukai tantangan yang mustahil. Mereka pun merasa senang telah membantu membuat orang lain tersenyum melalui karyanya di masa pandemi ini.

“Setiap tahun untuk bulan Ramadhan, kami mencoba untuk melampaui dan terhubung dengan keluarga dan teman-teman kami. Ramadhan ini kita terutama perlu kreatif dan aktif dalam menjaga tradisi itu tetap hidup. Kami sangat senang dapat bergabung dengan komunitas Youtube. Ini membuat kami bangga," tuturnya.

Lalu Youtuber Noor Stars mengatakan Ramadhan tahun ini sangat berbeda. Covid-19 mengubah hidup mereka. "Kami melewatkan pertemuan buka puasa, reuni keluarga, dan kunjungan harian. Bagiku Ramadhan ada di hati kami, terlepas dari segalanya. kita masih bisa saling menjangkau," ungkapnya.

Omar Hussein mengakhirinya dengan mengatakan Ramadhan adalah tentang hubungan dengan orang lain dan diri sendiri.

"Gaya hidup karantina yang baru memberi kita kesan bahwa kita tidak akan atau tidak dapat terhubung. Tetapi ini tidak sepenuhnya benar, dan kami ingin menunjukkan itu untuk komunitas kami. Kami berusaha menjadi tuan rumah acara streaming langsung terbesar dan membagikan betapa bahkan dari kejauhan kami masih bisa dekat, bersenang-senang dan merenungkan banyak berkah yang kami miliki," pungkasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini