Warga Muslim AS Gelar Halal Bihalal Idul Fitri secara Drive Thru

Selasa 26 Mei 2020 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 25 614 2219443 warga-muslim-as-gelar-halal-bihalal-idul-fitri-secara-drive-thru-QxCX1Nu6T5.JPG Umat muslim di AS gelar halal bihalal secara drive thru (Foto: Reuters)

UMAT muslim merayakan Idul Fitri tahun ini dengan suasana sangat berbeda. Pasalnya, wabah virus corona atau Covid-19 hampir merata melanda dunia, tak terkecuali di Amerika Serikat (AS).

Kendati di tengah pandemi corona, komunitas muslim Indonesia di Washington, DC tak mau larut dalam keprihatinan. Mereka tetap bergembira menggelar acara halal bil halal meski secara drive thru.

IMAAM Center, masjid komunitas Muslim Indonesia di kawasan Washington, DC, selain menggelar acara takbiran, panitia menawarkan khutbah id oleh Imam Fahmi Zubir Zakaria.

“Allah SWT ingin menjadikan kita sebagai orang-orang yang bertakwa dalam kondisi yang berbeda,” ujar Imam Fahmi, dikutip dari laman VOA Indonesia.

Kemudian, jamaah diundang ke masjid untuk saling bertemu dan bersilaturahmi dalam acara lebaran drive thru. Jamaah dan keluarga hanya boleh turun dari kendaraan untuk foto keluarga dan mengambil pesanan makanan atau minuman khas lebaran yang dijual panitia. Undangan itu disambut masyarakat muslim, antara lain, Rahmat dari Columbia, Maryland.

Baca juga: Syekh Ali Jaber Berikan Jubah Penjaga Makam Rasulullah ke Raffi Ahmad

“Mau foto keluarga dan makan bersa. Khawatir tapi setahun sekali,” kata Rahmat.

Sementara itu, seorang warga muslim AS, Salsabiel Mujovic khawatir bahwa perayaan Idul Fitri tahun ini akan sepi. Namun, ibu berusia 29 tahun itu bertekad menghadirkan kegembiraan lebaran di rumah, di tengah pandemi virus corona.

Meski tidak bisa pergi ke masjid, warga New Jersey itu tetap membeli baju baru untuknya dan anak perempuannya. Mereka salat id di rumah dan mengadakan sesi foto keluarga. Anak-anak mendekorasi kue dalam pertemuan virtual, dan meletuskan balon yang berisi uang atau permen.

Muslim AS

Umat Islam di Amerika mengawali Idul Fitri dengan salat id di rumah masing-masing, sesuai anjuran Dewan Fiqh Amerika Utara (semacam MUI di Indonesia). Mereka kemudian menyimak khutbah id yang disampaikan imam komunitas secara virtual, dan bersilaturahim, lalu mendapatkan hiburan, juga secara virtual.

"Kami tidak ingin ada pertemuan dan sholat berjamaah," ujar Sheikh Yasir Qadhi, yang menyiapkan fatwa dewan itu.

"Kita harus berusaha menjaga semangat Idul Fitri tetap hidup, meski hanya di rumah kita, dengan mendekorasi rumah dan mengenakan pakaian terbaik untuk satu sama lain," imbuhnya.

Baca juga: Kisah Profesor Jackie Ying, Penemu Alat Tes Cepat Virus Corona Masuk Islam

Sedangkan cendekiawan muslim di East Plano Islamic Center (EPIC), Texas, Qadhi mengaku agak aneh ketika dirinya menyampaikan khotbah id secara online tanpa ada jamaah.

"Akan sangat aneh, mengenakan pakaian Idul Fitri, saya menyampaikan khotbah di dalam masjid yang kosong. Akan sangat mengecewakan. Tetapi itu adalah keputusan yang bijak," ucap Qadhi.

Di Florida, Islamic Center of Osceola County, Masjid Taqwa, mengadakan sholat id di tempat parkir dengan tetap menerapkan aturan jarak fisik.

Jamaah diwajibkan membawa sajadah sendiri, mengenakan masker, dan sholat di samping mobil mereka dengan menjaga jarak setidaknya dua meter dari jamaah lain. Jamaah diimbau tidak berpelukan atau berjabat tangan, serta menyimak khutbah tetap di dalam mobil.

"Idul Fitri penting tetapi yang lebih penting adalah kesehatan masyarakat," ujar Maulana Abdulrahman Patel, imam masjid Masjid Taqwa.

Sementara di Michigan, Dewan Komunitas Muslim Michigan menyiarkan acara Idul Fitri di televisi. Acara itu mencakup khotbah, ucapan selamat dari pejabat-pejabat setempat dan anggota komunitas muslim. "Orang saling bertemu tanpa meninggalkan rumah," kata Ketua Dewan, Mahmoud Al-Hadidi.

Idul Fitri kata dia, adalah perayaan sepanjang hari di mana massa datang untuk makan bersama dan pesta bagi anak-anak. "Idul Fitri adalah perayaan yang sangat besar di sini," ujar Mahmoud.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini