Sujiwo Tejo Kritisi Ucapan Idul Fitri

Hantoro, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 614 2219556 sujiwo-tejo-kritisi-ucapan-idul-fitri-xx9nJGwRB1.jpg Sujiwo Tejo. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

SENIMAN Sujiwo Tejo membahas tentang ucapan hari raya Idul Fitri yang baru saja dilakukan sejumlah orang. Dalam pembahasan ini, ia sekaligus memberikan kritikan.

Sujiwo Tejo menyatakan kurang tepat mengucapkan permohonan maaf Idul Fitri dengan menyematkan kata "Kalau". Pasalnya, menurut dia, hal ini menyiratkan kesan sombong.

"Ucapan, 'Maaf KALAU ada salah2 kata/perbuatan saya.' Hah? Kalau ada kesalahan? Sombong banget. Namanya manusia pasti ada kesalahan lah," ungkapnya melalui akun Instagram-nya, seperti dinukil Okezone, Selasa (26/5/2020).

Dirinya kemudian mengusulkan jangan menggunakan kata "Kalau" tetapi "Atas". Hal itu pun lebih menyatakan kalau orang yang meminta maaf tersebut memiliki tingkat intelektual yang baik.

"Usulku ucapkan, 'Maaf ATAS salah2 kata/perbuatan saya.' Mari menjadi bangsa yang ber-IQ," tegasnya.

Sekadar diketahui, hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah terasa berbeda dari biasanya. Sebab, tahun ini Lebaran berlangsung di tengah pandemi global corona virus disease (covid-19).

Semua orang yang merayakan diminta lebih berhati-hati. Dimulai tidak menggelar Sholat Id berjamaah di masjid hingga tak melakukan silaturahmi secara berkumpul.

Langkah antisipasi tersebut untuk membuat persebaran virus corona menjadi bisa lebih ditekan. Pasalnya hingga kemarin, jumlah kasus virus corona di Indonesia mencapai 22.750 positif, 5.642 sembuh, dan 1.391 meninggal.

View this post on Instagram

. . #utangRasa

A post shared by Sudjiwo Tejo (@president_jancukers) on May 24, 2020 at 2:57am PDT

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini