Agar Selamat saat Pulang Mudik, Baca Doa Ini ketika Perjalanan

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 618 2219543 agar-selamat-saat-pulang-mudik-baca-doa-ini-ketika-perjalanan-AR5FgRtsA4.jpg Ilustrasi doa. (Foto: Shutterstock)

SEBAGAI seorang Muslim yang baik, sudah seharusnya sebelum bepergian jauh, seperti mudik maupun arus balik usai Idul Fitri di kampung halaman, selalu mengucapkan doa. Hal ini agar tetap diberikan keselamatan dalam perjalanan dan diridai Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Ketika menginjakkan kaki di dalam kendaraan, Muslim hendaknya lebih dulu membaca basmallah sebanyak tiga kali," ujar Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni al Paroya saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Kemudian, lanjut dia, membaca doa berikut ini:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

"Kemudian ketika dalam perjalanan juga membaca kalimat-kalimat Illahi," katanya.

Setelah membaca takbir sebanyak tiga kali, dilanjutkan membaca:

سُبْحَانَكَ إِنِّى قَدْ ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: "Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau." (HR Muslim).

Lebih lanjut memperbanyak membaca salawat ketika dalam perjalanan arus mudik juga sangat dianjurkan guna sebagai bentuk perlindungan, keselamatan dan mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini