Sholat Jumat Boleh Digelar di Masjid-Masjid Kota Bukittinggi

Rus Akbar, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2020 22:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 28 614 2221192 sholat-jumat-boleh-digelar-di-masjid-masjid-kota-bukittinggi-rUHiaEzN2W.jpg Ilustrasi masjid. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

WALI Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyatakan bakal membuka kembali masjid-masjid di sana. Ibadah Sholat Jumat pun akan dilaksanakan lagi mulai besok atau 29 Mei 2020. Namun dengan catatan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan wabah corona virus disease (covid-19).

Ramlan menjelaskan, dibukanya kembali masjid sebagai salah satu kebijakan melonggarkan aktivitas masyarakat setelah pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Bukittinggi. Langkah ini juga disebutnya sebagai tanda menyongsong kenormalan baru (new normal).

Ilustrasi masjid. (Foto: Freepik)

"Untuk mendukung aktivitas kembali di masjid, Pemkot mulai Kamis siang melakukan penyemprotan disinfektan di semua masjid," kata Ramlan dalam pertemuan dengan pengurus masjid se-Kota Bukittinggi di Hall Balai Kota Bukittinggi, Kamis (28/5/2020).

Ia mengimbau jamaah yang beraktivitas di masjid tetap mengenakan masker. Kemudian diwajibkan membawa sajadah sendiri, berwudu dari rumah, dan selalu menjaga jarak.

"Sementara bagi petugas masjid, sirkulasi udara harus lancar, mimbar digeser ke belakang, dan mempersingkat khotbah. Bagi ustadz sendiri diharapkan juga memakai masker saat memberikan ceramah," paparnya.

(han)

1
1
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini