Hukum Membaca Doa Qunut Subuh Kata Upin dan Ipin

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 08 Juni 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 614 2226251 hukum-membaca-doa-qunut-subuh-kata-upin-dan-ipin-mKLEVzioun.JPG Upin dan Ipin (Foto: Instagram/@upinipinofficial)

SERIAL animasi Upin dan Ipin bukan hanya sebagai hiburan semata, namun di dalamnya juga terkandung sisi religi, salah satunya adalah membahas tentang doa qunut. Saat itu Ehsan bin Azaruddin atau akrab dipanngil Ehsan tengah kebingungan, karena menjadi bahan candaan teman-temannya karena ia tidak hafal doa qunut.

Dikutip dari akun Instagram @upinipinofficial, Upin dan Ipin, Mail, hingga Fizi pun memberitahu Ehsan, jika qunut adalah doa yang dibaca setiap Sholat Subuh. Jika tidak membacanya, maka sholatnya tidak sah. "Haah... (qunut) doa yang kita baca masa Sholat Subuh itu," kata Upin.

Ehsan masih kebingungan, karena ia memang baru tahu dan mendengar jika saat Sholat Subuh ada salah satu doa sunah yang dianjurkan dibaca. "Qunut? Qunuuuut," ucap Ehsan.

Kemudian, Mail mengira jika Ehsan tidak pernah Sholat Subuh karena temannya itu sama sekali tidak hafal doa qunut. Tapi Ehsan mengaku sering Sholat Subuh, namun tidak pernah membaca doa tersebut.

Baca juga: Amalan agar Cepat Naik Haji

Lalu Fizi menjelaskan, mungkin saja Ehsan tidak hafal qunut karena doanya sangat panjang. "Tak hafal lah tuh. Sebab (qunut) panjang sangat," kata Fizi.

Menengahi kebingungan Ehsan yang tidak hafal doa qunut, kemudian Imam Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah Malaysia, Ustadz Abdulkarim Almakki menjelaskan apa itu doa qunut.

"Hukum membaca doa qunut semasa Sholat Subuh, ialah sunah muakkad. Yaitu sunah yang dituntut. Di dalam madzhab kita, yaitu madzhab Syafi'i, sekiranya tertinggal doa qunut kita dituntut menggangtikannya dengan sujud sahwi sesudah sholat," terangnya.

Lebih lanjut kata Ustadz Abdulkarim Almakki, jika tidak membaca doa qunut dan lupa melakukan sujud sahwi maka sholatnya tetap sah. Hanya saja tidak akan mendapatkan pahala sunah dari qunut itu sendiri.

"Hmm... tetap sah. Cuma tak dapat pahala sunah," ujar Ustadz Abdulkarim Almakki.

Berikut ini adalah bacaan doa qunut yang dibaca ketika Sholat Subuh:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلا يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

(Allahummah dini fi man hadait, wa ‘afini fiman ‘afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Artinya: “Ya Allah tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan.

Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, dan para sahabatnya.“(HR. Nasa’i 1746, Abu Daud 1425, Turmudzi 464).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya