Masjid Al Qiblatain, Destinasi Religi Saksi Bisu Berpindahnya Kiblat

Salman Mardira, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 615 2226717 masjid-al-qiblatain-destinasi-religi-saksi-bisu-berpindahnya-kiblat-fkLjEteicH.jpg Masjid Al Qiblatain di Kota Madinah (Okezone.com/Amril)

BANYAK situs dan monumen bersejarah Islam di jantung Kota Madinah, Arab Saudi, yang jadi favorit peziarah dari berbagai negara. Selain Masjid Nabawi, Padang Uhud, Masjid Qoba, ada juga Masjid Al Qiblatain.

Masjid yang terletak di Jalan Khalid bin Walid atau jalan menuju Universitas Madinad ini mulanya bernama Masjid Bani Salamah karena dibangun di bekas rumah Bani Salamah.

Pada awal tahun Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, orang melakukan salat di masjid ini menghadap ke Baitul Maqdis atau Masjidil Aqsa, Yarussalem, Palestina.

ilustrasi

Baru pada tahun 2 Hijriah, turun wahyu dari Allah ke Nabi Muhammad memindahkan kiblat dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram.

Saat itu, Rasulullah sedang salat menghadap ke Baitul Maqdis dan di pertengahan salatnya, Allah menurunkan wahyu mengabulkan doa yang selama ini dimohonnya yakni memindahkan kiblat.

Seketika itu Nabi Muhammad memutarkan 180 derajat ke arah Masjidil Haram hingga selesai salat. Setelah itu, kiblat umat Islam tak pernah lagi berubah yakni Kakbah di Masjidil Haram.ilustrasi

Peristiwa itulah yang membuat Masjid ini dinamakan Masjid Al Qiblatain atau Masjid Dua Kiblat. Masjid Qiblatain banyak dikunjungi oleh jamaah umrah dan haji.

Mengutip dari laman Mysalaam, Masjid Al Qiblatain dibangun oleh putra-putra Sawad bin Ghanem ibn Kaab selama perjanjian Nabi pada tahun Hijrah kedua.

Renovasi masjid ini sempat ditunda hingga era Saudi ketika Raja Abdul Aziz bin Abdulrahman Al Saud memerintahkan renovasi, perluasan, dan pembangunan tembok di sekitarnya pada 1350 Hijriah.

Pada masa pemerintahan Raja Fahd bin Abdul Aziz Al Saud, masjid dihancurkan dan dibangun kembali. Daerah di mana masjid terletak telah dirancang ulang dan diperluas menggunakan teknologi terbaru dan desain teknik, dengan sentuhan arsitektur karakter Islam.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini