Tiga Makam Keramat Objek Wisata Religi di Lombok

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 615 2228359 tiga-makam-keramat-objek-wisata-religi-di-lombok-saPxcQlEI3.jpg Makam Salaparang (Instagram @orri_kankkung)

LOMBOK di Nusa Tenggara Barat adalah salah satu destinasi wisata halal di Indonesia. Selain memiliki panorama gunung dan pantai yang memukau, Lombok memiliki sederet situs objek wisata religi.

Salah satunya makam yang diyakini oleh sebagian masyarakat sebagai tempat keramat. Jadi jika bertandang ke Lombok saat era new normal atau kenormalan baru pandemi Covid-19 nanti, silakan mengunjungi.

Berikut tiga makam diyakini keramat yang bisa jadi tujuan peziarah di Lombok:

Baca juga: Sisi Religius 4 Bintang Sepakbola Muslim di Liga Inggris

Makam Selaparang

Makam ini merupakan kuburan Raja Selaparang dan orang tuanya. Banyak penziarah datang ke sana ketika menjelang bulan haji.

Makam ini juga menjadi bukti jika Agama Islam pernah disyiarkan di Lombok. Sebab, salah satu nisan di makam ada yang bertuliskan Bahasa Arab yang dipadukan dengan huruf Bali " La ilaha ilallah, wa muhammadun rasul, ulla, maesan gegawean dan prayuga". Konon, jika Anda masih lajang dan membasuh muka di sini, diyakini bakal enteng jodoh.

Makam Keramat Cemare

Makam Keramat Cemare ini terkenal di kalangan penziarah karena letaknya yang berada di seberang Pelabuhan Lembar. Sehingga, makam tersebut begitu cantik ketika disambangi.

Makam Cemare ini merupakan kuburan salah satu tokoh pemuka agama di Lombok yang sudah ada sejak zaman dulu. Namun, meskipun belum dikenal tokohnya, kuburan tetap ramai peziarah karena keunikan makam yang berlokasi di tengah pulau tak berpenghuni.

Makam Loang Baloq

Makam keramat ini cukup terkenal di lombok karena penempatan makam yang unik. Di mana kuburan diletakkan di dalam pohon beringin yang sangat besar, jika dilihat dari jauh seperti lubang besar di pohon itu.

Di makam ini rupanya begitu banyak makam keramat, dan merupakan makam tokoh-tokoh besar seperti Maulana Syech Gaus Abdurrazak, Makam Anak Yatim dan Datuk Laut.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini