Share

Doa Sederhana Ini Bisa Hapus Semua Dosa, Yuk Amalkan

Restu Prihargayu, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 618 2231050 doa-sederhana-ini-bisa-hapus-semua-dosa-yuk-amalkan-ZW7t4Qq5R6.jpg Ilustrasi doa. (Foto: Shutterstock)

DOA merupakan kunci dari ibadah. Semua ibadah yang dilakukan oleh umat Islam bermuara dari membaca doa untuk segala keinginan dan harapan. Manusia hanya bisa merencanakan, namun mengenai terkabul atau tidaknya semua keputusan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebagaimana dikutip dari About Islam, Selasa (16/6/2020), penyampaian doa bahkan disampaikan sendiri oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Seperti tertulis dalam kitab suci Alquran di Surah Al Mukmin Ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: "Mintalah (berdoalah) kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan."

Sering kali kita mungkin berpikir bahwa doa yang dilafazkan sebelum makan atau pergi ke kamar kecil, tidak banyak memberi manfaat.

Tidak banyak yang kita tahu, doa ini bahkan dapat mengampuni semua dosa Muslimin, yakni doa setelah menghabiskan seluruh makanannya:

الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلا قُوَّة.ٍ

Artinya: "Semua pujian adalah untuk Allah yang memberi saya makanan ini dan menyediakannya untuk saya tanpa kekuatan atau kekuatan dari diri saya."

Lalu yang harus dilakukan hanyalah mengingat bahwa Allah-lah yang menyediakan makanan tersebut kepada semua orang. Setelah melafazkan doa ini, tentunya manfaat yang didapat sangat banyak.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalilnya adalah Dari Mu'adz bin Anas, dari ayahnya ia berkata, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ أَكَلَ طَعَامًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنِى هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ. غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: 'Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin.' (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu." (HR Abu Daud Nomor 4043, Tirmidzi Nomor 3458, Ibnu Majah Nomor 3285 dan Ahmad 3: 439. Imam Tirmidzi, Ibnu Hajar dan ulama lainnya menghasankan hadits ini sebagaimana disetujui oleh Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilali dalam Bahjatun Nazhirin, 2: 50).

Lalu jika mencukupkan dengan ucapan "Alhamdulillah" setelah makan juga dibolehkan. Hal ini berdasarkan hadis Anas bin Malik, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا

Artinya: "Sesungguhnya Allah Ta’ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum." (HR Muslim Nomor 2734).

Imam Nawawi Rahimahullah mengatakan, "Jika seseorang mencukupkan dengan bacaan 'Alhamdulillah' saja, maka itu sudah dikatakan menjalankan sunah." (Syarh Shahih Muslim, 17: 46)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini