Pangeran Arab Bawa Alquran Mengorbit ke Luar Angkasa

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 614 2232850 pangeran-arab-bawa-alquran-mengorbit-ke-luar-angkasa-re1YhxXYDs.JPG Pangeran Arab, Sultan bin Salman bin Abdul Aziz Al-Saud (Foto: Arab News)

PADA 17 Juni 1985, Pangeran Sultan bin Salman bin Abdul Aziz Al-Saud berhasil meluncur ke luar angkasa untuk melakukan misi NASA STS 51 G, dari pusat peluncuran 39 A di Florida, Amerika Serikat.

Ketika usia 28 tahun putra Raja Salman itu berhasil membawa Misi NASA STS 51 G ke luar angkasa dengan kecepatan 28.968 kilometer per jam. Dia mengorbit selama 7 hari 1 jam, 38 menit dan 52 detik dengan menempuh jarak 4,5 juta kilometer.

Menjadi bagian dari keluarga kerajaan yang usianya cukup muda, menjelajah ruang angkasa sebagai anak seorang raja dan muslim pertama kala itu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Pangeran Arab ketujuh ini.

Baca juga: Zikir yang Diajarkan Jibril, Berfungsi Menarik Rezeki hingga Mengetuk Pintu Surga

"Manusia membuat pesawat terbang, membuat kemajuan dalam industri. Ketika Anda melihat bumi dari luar angkasa kemudian Anda fokus. Ini merupakan hadiah dari Allah," kata Pangeran Sultan, mengutip laman Arab News.

Saat mengorbit ke luar angkasa, Sultan bin Salman membawa Alquran untuk dibacanya sehari-hari. Saat misi selesai, dia mendarat di landasan 23 Pangkalan Udara Edwards, California, Amerika Serikat pada 24 juni 1985 pukul 06.11 waktu California.

Sampai di Riyadh, ia diangkat menjadi mayor Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi. Sultan yang mendapat lisensi pilot pada tahun 1976 ini juga diangkat menjadi Ketua Komite Antariksa Arab Saudi pada 2018. Dirinya berharap generasi muda masa depan mampu membawa kemajuan di bidang ilmu antariksa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya