Megahnya Masjid Raya Sumatera Barat, Destinasi Wisata Religi Ikon Kota Padang

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 615 2234511 megahnya-masjid-raya-sumatera-barat-destinasi-wisata-religi-ikon-kota-padang-wNxD7Jzou9.jpg Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang (Okezone.com/Rus Akbar)

MASJID Raya Sumatera Barat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan bukan hanya dari dalam negeri, tapi juga mancanegara. Masjid yang terletak di Jalan Chatib Sulaiman, Kota Padang ini memiliki arsitek unik khas Minang.

Masjid terbesar di Sumbar kini jadi destinasi religi sekaligus ikon Sumatera Barat. Dibangun dengan dana Rp330 miliar sejak Desember 2007 hingga awal 2019, masjid ini sempat ditutup akibat wabah virus corona dan kini sudah dibuka kembali.

ilustrasi

Masjid Raya Sumbaer terdiri dari tiga lantai. Denah masjid berbentuk persegi yang melancip di empat penjurunya.

Mengutip dari Wikipedia, bangunan utama Masjid Raya Sumatra Barat memiliki denah dasar seluas 4.430 meter persegi. Konstruksi bangunan dirancang menyikapi kondisi geografis Sumatra Barat yang beberapa kali diguncang gempa berkekuatan besar.

Masjid ini ditopang oleh 631 tiang pancang dengan fondasi poer berdiameter 1,7 meter pada kedalaman 7,7 meter. Dengan kondisi topografi yang masih dalam keadaan rawa, kedalaman setiap fondasi tidak dipatok karena menyesuaikan titik jenuh tanah tanah.

ilustrasi

Ruang utama yang dipergunakan sebagai tempat salat terletak di lantai atas berupa ruang lepas. Lantai atas dengan elevasi tujuh meter terhubung ke permukaan jalan melalui ramp, teras terbuka yang melandai ke jalan. Dengan luas 4.430 meter persegi, lantai atas diperkirakan dapat menampung 5.000–6.000 jemaah. Adapun lantai dua berupa mezanin berbentuk leter U memiliki luas 1.832 meter.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini