3 Sunah Nabi yang Paling Gampang Dipraktikkan

Pristia Astari, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 616 2235040 3-sunah-nabi-yang-paling-gampang-dipraktikkan-ZvFO5c3rVU.jpg Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

AYAT-ayat suci Alquran dan hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menjadi sumber hukum syariat yang paling kuat. Kemudian ada juga sunah yang merujuk kebiasaan Rasulullah dalam kehidupan sehari-harinya.

Sunah ini diyakini sebagai acuan umat Islam untuk membawa diri lebih dekat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Ada sejumlah manfaat di balik setiap sunah. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dikutip dari Halalzilla, Selasa (23/6/2020):

Ilustrasi mengucap bismillah. (Foto: Shutterstock)

1. Mengucap bismillah

Saat kamu memakai baju, meminum air, atau melakukan aktivitas lainnya yang harus selalu dilakukan adalah mengucap bismillah. Bismillah jika diterjemahkan adalah "Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Penyayang."

Ketika mengucapkan bismillah, kamu tahu bahwa apa yang dilakukan adalah kehendak Allah Subhanahu wa ta'ala dan pengingat untuk selalu sadar bahwa rezeki berasal dari-Nya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Berwudu sebelum tidur

Jika kamu berwudu sebelum tidur, dan tidur dalam keadaan yang sudah berwudu, niscaya akan terlelap dalam keadaan suci. Kamu juga akan diawasi oleh para malaikat. Terlebih jika kamu tertidur saat sedang melakukan ibadah seperti zikir akan menerima pahala yang sangat berlimpah dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dikutip dalam buku 'Kedahsyatan Manfaat Air Wudhu: Panduan Wajib untuk Setiap Keluarga Muslim', Abdullah bin Umar Radhiyallahu anhu mengatakan bahwa rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun sampai malaikat berdoa: 'Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'." (HR Ibnu Hibban)

3. Selalu senyum

«تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ»

Artinya: "Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu." (HR Tirmidzi Nomor 1956, sahih)

Mungkin kelihatan mudah, namun tersenyum merupakan sunah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sepanjang waktunya.

Selain menebarkan kegembiraan, senyum juga terbukti meningkatkan hormon serotinin dan antidepresan secara alami. Dengan tersenyum, kamu akan memberikan energi positif dan rasa syukur atas nikmat Allah Subhanahu wa ta'ala.

Ilustrasi senyum. (Foto: Unsplash)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya