Hati-Hati Posting Sesuatu di Medsos, Jangan Sampai Berdosa hingga Mati

Pristia Astari, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 330 2236123 hati-hati-posting-sesuatu-di-medsos-jangan-sampai-berdosa-hingga-mati-KIeCdenL8d.jpg ilustrasi (stutterstock)

ERA teknologi seperti sekarang memudahkan orang-orang mendapatkan informasi. Sering kali ketika mendapatkan sesuatu, orang zaman sekarang mudah sekali membagikannya melalui media sosial. Celakanya kadang informasi dibagi itu tanpa melalui proses verifikasi dulu, apakah benar atau hoax.

Permasalahan ini ternyata sudah diprediksi oleh Nabi Muhammad SAW sekira 1400 tahun lalu.

Rasulullah SAW sudah mengantisipasi bahwa kedepannya apapun yang akan dikatakan, yang diposting oleh kita akan berdampak kepada orang lain.

Baca juga: 5 Dalil Haramnya Narkoba

Contohnya mengunggah sesuatu di Instagram, memposting di Facebook atau menulis sesuatu di Twitter akan langsung terbaca di seluruh Indonesia bahkan dunia. Akan tetapi, dampak tersebut ada yang negatif maupun positif.

Ketua Umum Komunitas Dai Daiyah Indonesia (Koddin) Ustadz Mahfud Said, menjelaskan Rasulullah SAW sudah memberikan gambaran 1400 tahun yang lalu, barang siapa yang melakukan kebaikan maka kebaikannya akan dicatat sebagai kebaikan.

"Termasuk jika dapat mempengaruhi kepada orang lain maka kita akan mendapatkan pahala dari postingan orang lain setelah tiada," katanya.

Sebaliknya, jika melakukan atau mengunggah postingan yang negatif maka kita akan mendapatkan dosa, bahkan jika sampai orang lain terpengaruh oleh postingan kita, walaupun sudah meninggal tetapi postingan tersebut tetap dibagikan ke orang lain, maka tetap akan mendapatkan dosa dari apa yang sudah di unggahnya.

Sebagimana firman Allah SWT:

إِنَّا نَحْنُ نُحْىِ ٱلْمَوْتَىٰ وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا۟ وَءَاثَٰرَهُمْ ۚ وَكُلَّ شَىْءٍ أَحْصَيْنَٰهُ فِىٓ إِمَامٍ مُّبِينٍ

Artinya: Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Maka dari itu, Ustadz Mahfud Said berpesan untuk senantiasa berpikir terlebih dahulu sebelum memposting sesuatu di media sosial, apakah berdampak baik atau buruk kepada orang lain. Artinya tetap bijaksana menggunakan gadget.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya