Benarkah Ada Rumah Berhantu? Ini Kata Buya Yahya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 614 2237040 benarkah-ada-rumah-berhantu-ini-kata-buya-yahya-WrZ8mMetGJ.JPG KH Yahya Zainul Ma'arif alias Buya Yahya (Foto: YouTube/@Al Bahjah TV)

SEBAGIAN orang ada yang memercayai jika di setiap rumah terdapat 'penghuni' atau makhluk astral (hantu). Sehingga ketika ada musibah yang menimpa rumah itu akan timbul kepercayaan-kepercayaab dianggap ganjil, bahkan ada yang menganggapnya jadi kesialan.

Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan, setiap rumah adalah baik dan tidak adan rumah yang berakibat kesialan. Maka sudah sepatutnya berpasangka baik kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

"Tidak boleh berprasangka buruk kepada Allah. Kesialan (seseorang) bukan karena rumah," kata Buya Yahya seperti dikutip dari channel YouTube Al Bahjah TV.

Baca juga: Nasib Matahari di Hari Kiamat dan Pintu Tobat Ditutup Rapat

Buya Yahya menuturkan, ketika terjadi sesuatu di rumah, seperti datangnya musibah secara berturut-turut tidak perlu dihubungkan dengan kisah-kisah yang berasal dari tempat tinggal kita.

"Tidak perlu dihubung-hubungkan dengan kisah rumah tersebut, atau sesuatu yang tidak terlihat menebak ini ada apa-apanya tidak boleh itu," ucapnya.

Ketika manusia berprasangka terhadap sesuatu, seperti mengira ada tempat berhantu, maka setan akan langsung membaca pikirannya. Setan akan menggoyahkan iman seseorang dengan mengubah wujudnya menjadi makhluk-makluk yang ditakuti.

"Kalau berprasangka buruk akan Allah wujudkan, dan setan tahu. Setan itu akan ikuti jalan pikiran kita. Ketika kita mempercayai satu tempat itu angker, setan akan menjelma di situ sampai orang itu keluar dari iman," pungkasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya