Dahsyatnya Pahala Menjenguk Orang Sakit, Akan Didoakan 70 Ribu Malaikat

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 330 2238190 dahsyatnya-pahala-menjenguk-orang-sakit-akan-didoakan-70-ribu-malaikat-zL8hEiGmJ3.jpg ilustrasi (stutterstock)

MENJENGUK dan mendoakan orang sakit merupakan salah satu sunah Rasulullah SAW. Hal ini adalah simbol kepedulian atau empati, serta memberi energi positif kepada yang sedang sakit. Hikmahnya siapa yang melakukan maka akan didoakan oleh 70 ribu malaikat.

"Ketika menjenguk seseorang yang sakit di pagi hari akan diiring oleh 70 ribu malaikat, semuanya memohonkan ampun untuknya hingga sore hari, dan ia mendapat taman di Jannah," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi Okezone, Senin (29/6/2020).

Baca juga:  Bersedekah untuk Orang Meninggal, Apakah Sampai Pahalanya?

Begitu juga bagi yang membesuknya di sore hari, maka dia akan didoakan oleh 70 ribu malaikat hingga pagi besok.

Ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

«مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُودُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ، وَكَانَ لَهُ خَرِيفٌ فِي الجَنَّةِ»

Artinya: "Tidak ada seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya yang sakit di pagi hari, melainkan akan didoakan oleh 70 ribu malaikat hingga sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari, maka akan didoakan oleh 70 ribu malaikat hingga pagi hari. Dan ia akan memperoleh buah-buahan yang dipetik dari surga." (HR. Tirmidzi).

Baca juga:  Hukum Perempuan Muslim Donor ASI untuk Bayi dari Non-Muslim

Kemudian para malaikat akan bertasbih dan terus mendoakan kepada orang sedang dan telah menjenguk saudaranya yang sakit. Bahkan ia (yang menjenguk) akan memdapat kedudukam yang mulia di akhirat nanti.

Allah SWT berfirman:

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ العَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آَمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الجَحِيمِ

Artinya: "(Malaikat-malaikat) yang memikul Arasy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala."(QS. Ghafir: 7).

"Istighfarnya para malaikat untuk kaum mukminin bukti bahwa malaikat lebih sayang kepada manusia dari pada manusia kepada sesamanya. Bukan hanya istghfar, malaikat juga mendoakan kebaikan untuk mereka dengan rahmat, masuk surga, dan agar dihindarkan dari keburukan-keburukan," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini