Jangan Curhat ke Sembarang Orang saat Ada Masalah, Ini Penjelasan Aa Gym

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 330 2238372 jangan-curhat-ke-sembarang-orang-saat-ada-masalah-ini-penjelasan-aa-gym-xIK0c92xQL.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym (Istimewa)

PENDIRI Pondok Pesantren Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym mengatakan, seorang muslim ketika dihadapkan dengan sebuah masalah, maka jangan sampai meluapkan curahan hati atau curhat kepada sembarang orang.

"Hati-hati bila kita curhat kepada sembarang orang. Curhat kepada sembarang orang menandakan, satu, kita ini orang yang tidak punya keimanan yang benar karena kita curhat kepada makhluk yang lemah tiada daya yang tidak akan pernah jadi solusi tanpa pertolongan Allah. Curhat sembarang orang, ciri orang kurang iman," ujarnya seperti dikutip dari akun instagram @aagym, Senin (29/6/2020).

Kedua, curhat kepada sembarang orang adalah ciri orang yang tidak punya rasa tanggung jawab, karena setiap curhatan itu akan membebani pikiran perasaan orang yang dicurhati. Terlebih dapat merusak kepribadiannya, merusak hatinya, merusak perilaku orang.

"Zalim orang yang suka curhat kepada sembarang orang, tidak punya tanggung jawab," katanya.

 Baca juga: Rehat Sejenak, Bertanya pada Diri Sendiri untuk Apa Hidup Sedang Dijalani?

Ketiga, orang yang sembarang curhat adalah orang yang tidak punya rasa malu karena dengan semua ceritanya. Hal ini mengakibatkan membuka aib, membeberkan keburukan, kebusukan, kekurangan, kelemahan yang seharusnya ditutupi.

"Maka orang yang sembarang curhat itu adalah ciri orang yang, maaf ya, kurang ajar. Dia tidak jadi bagian solusi, bahkan dia menambah masalah. Memperumit dan melibatkan orang lain menjadi susah," terangnya.

Curhat kepada sembarang orang akan menimbulkan prasangka yang seharusnya tidak pernah dipikirkan, dan akibatnya akan jadi ghibah juga fitnah kepada oranglain yang sedang diceritakan.

"Padahal bisa memperumit, memperkeruh, menjadi fitnah. Naudzubillahimin dzalik. Orang jadi berdosa, orang jadi berburuk sangka, orang jadi bergibah akibat curhat kepada seseorang. Orang pun jadi sok tahu, Naudzubillah," katanya.

 

Aa Gym mengatakan, ketika manusia sedang mengalami kesulitan atau dihadapkan terhadap suatu masalah maka lebih baik curhat kepada Allah SWT. Lebih mendekatkan diri kepadaNya dengan cara memperbanyak ibadah.

Allah merupakan tempat mengadu yang paling tepat. Ia akan memberikan jalan keluar dan terbaik bagi hambaNya yang mau menyerahkan semua masalahnya kepada Maha pembolak-balik hati manusia.

"Ambil air wudhu, sholat, doa. Bahasa apapun Allah mengerti. Insya Allah sesudah itu Allah akan menggerakan siapapun yang Dia kehendaki jadi jalan solusi," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini