Bacaan Sholat Sunah Rawatib

Hantoro, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 614 2238011 bacaan-sholat-sunah-rawatib-rUZQ7UzqYZ.jpg Ilustrasi sholat. (Foto: Freepik)

SHOLAT sunah rawatib yang berjumlah 12 rakaat memiliki banyak keutamaan. Sebut saja di antaranya menjadi amalan sunah terbaik, orang yang mengerjakan akan ditinggikan derajatnya dan diampuni kesalahannya, lalu melengkapi kekurangan sholat wajib, hingga dibangunkan rumah di surga.

Dijelaskan bahwa Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam selalu menjaga ke-12 rakaat sholat sunah rawatib tersebut ketika sedang tidak bepergian atau mukim. Beliau bersabda:

من صلى ثنتي عشرة ركعة تطوعا في اليوم والليلة ، بني له بهن بيت في الجنة

Artinya: "Barang siapa yang sholat sunah 12 rakaat dalam sehari semalam, Allah akan bangunkan untuknya rumah di surga." (HR Muslim Nomor 728)

Ke-12 rakaat sholat sunah rawatib itu masing-masing terdiri dari 4 rakaat sebelum Zuhur dengan 2 salam; 2 rakaat setelah Zuhur dengan 1 salam; 2 rakaat setelah Maghrib dengan 1 salam; 2 rakaat setelah Isya dengan 1 salam; serta 2 rakaat sebelum Subuh dengan 1 salam.

Baca juga: Ini 12 Rakaat Sholat Sunah Rawatib yang Selalu Dikerjakan Rasulullah 

Adapun tuntunan bacaan sholat sunah rawatib pada dasarnya sama dengan sholat lainnya. Bagian yang berbeda hanya pada sholat sunah rawatib qabliyah Subuh dan badiyah Magrib.

Berikut ini bacaannya, sebagaimana dikutip dari Muslim.or.id, Senin (29/6/2020).

1. Surah yang dibaca ketika sholat rawatib qabliyah Subuh.

Pada rakaat pertama sholat rawatib qabliyah Subuh disunahkan membaca Surah Al Kaafirun. Kemudian di rakaat kedua membaca Surah Al Ikhlas.

Hal ini sebagaimana riwayat Abu Hurairah Radiyallahu anhu, "Bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pada sholat sunah sebelum subuh membaca Surah Al Kaafirun (قل يا أيها الكافرون) dan Surah Al Ikhlas (قل هو الله أحد)." (HR Muslim Nomor 726)

Kemudian dari Sa'id bin Yasar, bahwasannya Ibnu Abbas mengabarkan kepadanya, "Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pada sholat sunah sebelum subuh di rakaat pertamanya membaca (قولوا آمنا بالله وما أنزل إلينا) (QS Al-Baqarah: 136), dan dirakaat keduanya membaca (آمنا بالله واشهد بأنا مسلمون) (QS Ali Imran: 52)." (HR Muslim Nomor 727)

Baca juga: 4 Keutamaan Sholat Sunah Rawatib 

2. Surah yang dibaca pada sholat rawatib badiyah Magrib.

Ketika sholat rawatib badiyah Magrib juga disunahkan membaca Surah Al Kaafirun pada rakaat pertama. Lalu Surah Al Ikhlas di rakaat kedua.

Dari Ibnu Mas'ud Radiyallahu anhu, dia berkata, "Saya sering mendengar Rasulullah Shallalllahu alaihi wa sallam ketika Beliau membaca surah pada sholat sunnah sesudah Magrib Surah Al Kafirun (قل يا أيها الكافرون) dan Surah Al Ikhlas (قل هو الله أحد)." (HR At-Tarmidzi Nomor 431, berkata Al-Albani: derajat hadis ini hasan sahih; Ibnu Majah Nomor 1166)

Baca juga: 5 Keutamaan Sholat Tahajud: Pembuka Pintu Surga hingga Kesehatan 

Ilustrasi sholat. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini