10 Faktor yang Membuat Seseorang Berlapang Dada kepada Allah

Kemal Alimin, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 330 2239675 10-faktor-yang-membuat-seseorang-berlapang-dada-kepada-allah-5CXLtLNswW.jpg ilustrasi (stutterstock)

MANUSIA terkadang sering merasa resah, kalut, gelisah, berpikiran sempit, tertekan dan hidup tidak tenang. Tidak sedikit orang yang memiliki harta banyak serba berkecukupan, tapi hatinya masih kerap risau. Tapi, tidak sedikit juga orang yang serba kekurangan tetapi hatinya selalu tenang.

Ketenangan hati atau kebahagiaan bukan ditentukan oleh kekayaan, pangkat, jabatan atau kedudukan. Kunci utamanya adalah kedekatan dengan Allah SWT dan bisa menjauhkan penyakit-penyakit hati seperti rasa iri, dengki, emosional, sombong, takabur dan lainnya.

Baca juga:  Gadis atau Janda, Mana yang Lebih Baik Dinikahi?

Allah SWT memerintahkan hambanya agar berlapang dada. Sifat ini menjadikan seseorang bisa taat kepada Allah SWT dengan sebaik mungkin. Berdoalah kepada Allah agar diberikan ke lapangan dada, seperti halnya dilakukan Nabi Musa.

Dalam Alquran Surah Thaha ayat 25-26 dikisahkan bahwa “Nabi Musa berdoa kepada Allah “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusan ku."

Dikutip dari muslim.or.id, ada 10 sebab yang membuat seseorang selalu berlapang dada pada Allah SWT, yakni:

1. Seĺalu bertauhid kepada Allah SWT, mengikhlaskan agama kepanya-Nya, beribadah hanya kepada-Nya, menjuhi kesyirikan.

2. Cahaya keimanan yang Allah SWT berikan kepada hambanya

3. Ilmu yang bermanfaat

4. Mendahulukan cinta hanya kepada Allah

5. Selalu berdzikir

6. Berbuat baik kepada sesama makhluk

7. Menghilangkan kedengkian dalam diri

8. Tidak berlebih-lebihan dalam menjalani kehidupan

9. Selalu mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW

10. Selalu menguatkan hati dalam keadaan apapun.

 

Dalam Alquran, ada ayat-ayat yang bisa dijadikan sebagai doa agar selalu dilapangkan hati dan dimudahkan dalam segala urusan oleh Allah. Ayat ini tentunya bisa diamalkan untuk memohon kepada Allah.

Salah satunya dalam Surah Ali Imran ayat 8, yang artinya:

"Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnua Engkaulah maha pemberi (karunia).”

Kemudiah Surah Al Kahfi ayat 10, yang artinya:

"Wahai Rabb kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini