Share

Amani Al-Khatahtbeh, Muslimah Pertama Calon Anggota Kongres Amerika

Pristia Astari, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 614 2241772 amani-al-khatahtbeh-muslimah-pertama-calon-anggota-kongres-amerika-2HUPBc2OSh.JPG Amani Al-Khatahtbeh (Foto: Instagram/@amani)

SEORANG penulis asal Amerika Serikat (AS), Amani Al-Khatahtbeh menjadi wanita muslim pertama yang mencalonkan diri untuk Kongres untuk negara bagian New Jersey. Pada April lalu, wanita 28 tahun itu mengumumkan pencalonannya melalui media sosial di akun Instagram pribadinya @amani.

Pendiri MuslimGirl.com itu menegaskan bahwa pencalonan dirinya adalah 'kewajiban moral untuk saat ini'. Ia menantang Frank Pallone Jr. (D) yang sudah 16 tahun menjabat. Pallone kini menjabat sebagai Ketua Komite Energi dan Perdagangan House, di Distrik Kongres ke-6 New Jersey.

Baca juga: Bagaimana Hukum Menikah Beda Agama dalam Islam?

Melansir dari laman About Islam, Amani sedang berjuang mendorong agar keterlibatan AS di Irak dan Afghanistan segera diakhiri. Muslimah itu dibesarkan di East Brunswick dan lulus pendidikan dari Rutgers University dengan gelar ilmu politik.

Wanita yang tinggal di New Brunswick ini juga pernah menulis buku Girl: A Cominf of Age. Banyak muslim Amerika menorehkan prestasi di kancah politik negeri Paman Sam.

Misalnya, Zulfat Suara yang membuat sejarah pada bulan September 2018, di mana ia menjadi muslim pertama yang dipilih untuk mendapatkan kursi Metro di Nashville.

Pada tahun 2018, Ilhan Omar terpilih sebagai anggota Kongres Amerika pertama dan mengenakan jilbab. Selain itu, ada pula Rashida Tlaib, seorang anggota kongres berdarah Palestina-Amerika yang terpilih mewakili Michigan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini