3 Keutamaan Sholat Hajat, Dicintai Allah hingga Bersama Rasul di Surga

Sarah Nurjannah, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 330 2242309 3-keutamaan-sholat-hajat-dicintai-allah-hingga-menemani-rasulullah-dWVrhChQwA.jpg Ilustrasi sholat hajat. (Foto: Freepik)

KETIKA seorang Muslim meminta sesuatu dan ingin dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, hendaklah ia melaksanakan sholat hajat. Sampaikanlah keinginan-keinginan khusus tersebut, berdoa dengan bersungguh-sungguh kepada Allah Ta'ala melalui sholat hajat.

Sholat hajat memiliki maksud tertentu bagi hamba-Nya yang sedang membutuhkan pertolongan. Sholat hajat ini sifatnya sunah dan dalam bentuk mustahab, artinya boleh dilakukan karena ada dalil yang dapat dijadikan sebagai landasan.

Baca juga: Zikir ketika Melewati Jalan Mendaki dan Menurun 

Ustadz Mohammad Teguh Budiman, ketua pelaksana harian Yayasan Islam Al Aliim Bandung, mengungkapkan bahwa keutamaan sholat hajat akan memberikan jalan keluar atas permasalahan yang dihadapi.

Kemudian manfaatnya, sebagaimana penjelasan Ustadz Teguh kepada Okezone, Selasa (7/7/2020), adalah sebagai berikut:

1. Dicintai Allah Ta'ala

Muslim yang mengerjakan sholat hajat akan dicintai oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadis qudsi.

Disebutkan bahwa ketika hamba-Nya melakukan ibadah-ibadah sunah, niscaya Allah Ta'ala akan mendatangkan kecintaan.

Hal ini dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

"Barang siapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan orang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunah hingga Aku mencintainya." (HR Bukhari)

Bilamana kaum Muslimin ingin dicintai oleh Allah Ta'ala, hendaklah melaksanakan shalat wajib dan sunah, sehingga sering mengingat dan beribadah kepada-Nya, maka Allah Ta'ala tentu akan sering mengingat Muslim tersebut.

2. Ditinggikan Derajatnya dan Diampuni Dosanya

Muslim yang menunaikan sholat hajat akan ditinggikan derajatnya dan diampuni dosanya. Dengan memperbanyak sujud dalam arti memperbanyak sholat, seorang hamba akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dan diampuni dosa-dosanya.

Hal ini pula dijelaskan dalam hadis:

"Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu." (HR Muslim)

Baca juga: 7 Golongan yang Dinaungi Allah Ta'ala ketika Hari Kiamat 

3. Bisa Menemani Rasulullah di Surga

Muslimin yang melaksanakan sholat sunah bisa menemani Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam di surga. Tentunya bertemu dengan baginda Rasulullah merupakan kebahagiaan bagi seorang Muslim. Berharap dapat memasuki surga bersama-sama Nabi Muhammad.

"Dahulu ada seorang sahabat yang bernama Rabiah bin Ka'ab Al Aslamiy Radhiyallahu anhu yang ingin sekali bisa memasuki surga dan bisa menemani Nabi di surga. Lalu kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan dia untuk memperbanyak sholat sunah. Dengan memperbanyak sholat sunah maka insya Allah akan dikabulkan keinginannya oleh Allah Subhanahu wa ta'ala," papar Ustadz Teguh yang juga alumni Takhassus Kulliatil Muballighin Assyakur Angkatan XXIX.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia melanjutkan, manfaat dan keutamaan yang terakhir adalah hajatnya akan dikabulkan. Inilah keutamaan sholat hajat.

Baca juga: Berikut Syarat untuk Bisa Melaksanakan Ibadah Haji Tahun Ini 

Ilustrasi sholat. (Foto: Freepik)

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah mengutip hadis sahih dari Abu Darda Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa yang berwudu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat." (HR Ahmad)

Baca juga: Tenaga Medis dan Petugas Keamanan di Arab Saudi Dapat Hadiah Berhaji 

"Oleh karena itu, sholat sunah hajat memiliki manfaat dan keutamaan yang istimewa bagi seorang Muslim, terlebih ketika dirinya memiliki permintaan khusus terhadap Sang Pencipta," tutup Ustadz Teguh.

Wallahu a’lam Bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya