Ini Bukti Keajaiban yang Didapat dari Sholat Hajat

Sarah Nurjannah, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 330 2242313 ini-bukti-keajaiban-yang-didapat-dari-sholat-hajat-giJjWTKPCY.jpg Ilustrasi sholat. (Foto: Istimewa)

SHALAT hajat sebagai ibadah sunah yang dikerjakan demi mendapat pertolongan dari Allah Subhanahu wa ta'ala atas urusan-urusan yang dihadapi. Baik itu dalam hal pendidikan, jodoh, karier, maupun ketika ingin meraih sesuatu yang bahkan sulit tercapai menurut nalar dan logika manusia.

Esensinya terhadap sholat tersebut, diyakini pula dapat memberikan manfaat dan banyak keutamaan yang begitu luar biasa bagi seorang Muslim. Sholat hajat juga sudah ada dan dicontohkan sejak dahulu pada zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Baca juga: 3 Keutamaan Sholat Hajat, Dicintai Allah hingga Bersama Rasul di Surga 

Ustadz Mohammad Teguh Budiman, ketua pelaksana harian Yayasan Islam Al Aliim Bandung, mengatakan sholat hajat ketika dilakukan akan memberikan manfaat luar biasa atau bisa disebut "keajaiban".

Ia melanjutkan, keajaiban tersebut dibuktikan melalui hadis yang menjelaskan salah satu keajaiban dari dilakukannya sholat hajat pada masa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Dari Utsman bin Hunaif Radhiyallahu anhu berkata bahwa seorang laki-laki buta datang kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan berkata:

"Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya mendapat musibah pada mata saya, maka berdoalah kepada Allah agar menyembuhkan penglihatan mataku."

Beliau Shallallahu alaihi wa sallam pun bersabda kepadanya:

"Pergilah lalu berwudulah, kemudian sholatlah dua rakaat, lalu ucapkanlah (doa): 'Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Nabiku Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat.' Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku denganmu agar Dia menyembuhkan penglihatanku. Ya Allah, terimalah syafaatnya kepadaku dan terimalah syafaatku pada diriku. Lalu ia pun pulang dan Allah menyembuhkan penglihatannya." (HR Tirmidzi; hasan)

Baca juga: 7 Golongan yang Dinaungi Allah Ta'ala ketika Hari Kiamat 

Dapat dilihat bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala mendengarkan hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dan berikhtiar, dan atas seizin-Nya, keajaiban tersebut diberikan atas izin-Nya.

"Sebagai sholat yang memiliki dalil yang sahih atau mustahab yaitu boleh dilakukan, maka sebagai Muslim lebih baik meminta langsung kepada-Nya," ungkap Kang Teguh –sapaan akrabnya– yang juga konsultan ZIS Yayasan SKeMa Bandung kepada Okezone, Selasa (7/7/2020).

Melalui bukti keajaiban tersebut, apabila seorang muslim memiliki keinginan yang bersungguh-sungguh dan tidak ragu bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala Maha Mengabulkan segala permintaan hamba-Nya, maka sholat hajat ini dianjurkan.

Bahkan hal-hal yang mustahil pada umumnya dapat terkabulkan dalam waktu segera atau selambat-lambatnya. Ucapkanlah doa yang benar-benar ingin dikabulkan, Allah Subhanahu wa ta'ala sesungguhnya Maha Mendengarkan hamba-Nya yang sedang kesulitan.

Baca juga: Berikut Syarat untuk Bisa Melaksanakan Ibadah Haji Tahun Ini 

Ilustrasi sholat. (Foto: Freepik)

"Mudah-mudahan dari keajaiban tersebut dapat diambil hikmahnya, sholat hajat sangat membantu seorang Muslim yang ingin mencari jalan keluar dari kesulitan dan permasalahan yang sedang dihadapi," tutur Ustadz Teguh.

Allah Subhanahu wa ta'ala Maha Kaya Raya, manusia bahkan diperintahkan meminta apa pun atas izinnya. Seharusnya jangan pernah ada keraguan sedikit pun bila kita sudah meminta di hadapannya. Mintalah dengan penuh kesabaran, bersungguh-sungguhlah, insya Allah keinginan akan dikabulkan oleh-Nya. Amin.

Baca juga: Tenaga Medis dan Petugas Keamanan di Arab Saudi Dapat Hadiah Berhaji 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini