3 Amalan yang Membuat Muslimin Bebas Memilih Pintu Surga

Hantoro, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 330 2243297 3-amalan-yang-membuat-muslimin-bebas-memilih-pintu-surga-8lx651qpBX.jpg Ilustrasi Muslimin. (Foto: Unsplash)

SURGA milik Allah Subhanahu wa ta'ala merupakan tempat yang diidamkan semua umat Islam. Segala amal salih diperbuat guna bisa meraih pahala demi mencapai surga tersebut. Semua larangan dihindari. Sunah-sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dijalankan demi melengkapi ibadah wajib.

Namun ternyata ada amalan-amalan yang bisa dilakukan demi mendapat kebebasan memilih pintu surga kelak. Sebagaimana diketahui pintu surga sendiri terdiri dari delapan, dan itu dilalui oleh Muslimin sesuai dengan amal salihnya.

Baca juga: 4 Amalan yang Bisa Mengundang Cinta Kasih Allah 

Berikut ini tiga amalan yang bisa membuat seorang mukmin bebas memilih pintu surga, sebagaimana dinukil dari Muslim.or.id, Rabu (8/7/2020).

1. Berakidah dengan benar

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“مَنْ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، وَأَنَّ عِيسَى عَبْدُ اللَّهِ وَابْنُ أَمَتِهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ، وَأَنَّ الْجَنَّةَ حَقٌّ، وَأَنَّ النَّارَ حَقٌّ؛ أَدْخَلَهُ اللَّهُ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةِ شَاءَ”

Artinya: "Barang siapa mengucapkan: 'Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Serta Isa adalah hamba Allah dan anak salah satu hamba-Nya. Kalimat-Nya disampaikan kepada Maryam dan ruhnya berasal dari Allah. (Ia juga bersaksi) bahwa surga adalah benar adanya, neraka juga benar adanya', niscaya Allah akan memasukkannya ke surga dari delapan pintunya mana pun yang ia kehendaki." (HR Muslim dari Ubadah bin Ash-Shamit Radhiyallahu anhu)

2. Taat kepada pemerintah dalam kebaikan

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“مَنْ عَبَدَ اللَّهَ لَا يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا، فَأَقَامَ الصَّلَاةَ، وَآتَى الزَّكَاةَ، وَسَمِعَ وَأَطَاعَ؛ فَإِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يُدْخِلُهُ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شَاءَ، وَلَهَا ثَمَانِيَةُ أَبْوَابٍ. وَمَنْ عَبَدَ اللَّهَ لَا يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا، وَأَقَامَ الصَّلَاةَ، وَآتَى الزَّكَاةَ، وَسَمِعَ وَعَصَى؛ فَإِنَّ اللَّهَ تَعَالَى مِنْ أَمْرِهِ بِالْخِيَارِ؛ إِنْ شَاءَ رَحِمَهُ، وَإِنْ شَاءَ عَذَّبَهُ”.

Artinya: "Barang siapa menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan suatu apa pun, menegakkan sholat, menunaikan zakat, mendengar dan taat (kepada pemerintah); niscaya Allah akan memasukkannya lewat pintu surga mana pun yang ia maui. Dan pintu surga itu ada delapan. Barang siapa menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan suatu apa pun, menegakkan sholat, menunaikan zakat, mendengar namun tidak taat (kepada pemerintah); maka nasibnya terserah Allah. Jika Dia berkehendak maka akan merahmatinya, sebaliknya jika Dia berkehendak, maka akan menyiksanya." (HR Ahmad dari Ubadah bin Ash-Shamit Radhiyallahu anhu dan dinilai hasan oleh Al Albany)

Baca juga: 5 Amalan agar Kuat Menghafal, Di Antaranya Minum Madu dan Bersiwak 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Patuh kepada suami

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا؛ قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ”.

Artinya: "Jika seorang wanita menunaikan sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan kepadanya: 'Masuklah ke dalam surga dari pintu mana pun yang kau mau." (HR Ahmad dari Abdurrahman bin Auf Radhiyallahu anhu dan dinyatakan hasan oleh Syekh Al Albany)

Baca juga: Rahasia Dinginnya Lantai Masjidil Haram Meski di Bawah Terik Matahari 

Ilustrasi Muslimin. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya