Habis Sholat Jangan Langsung Buka HP, Berzikir Dulu Sesuai Sunah

Kamis 09 Juli 2020 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 330 2243604 habis-sholat-jangan-langsung-buka-hp-berzikir-dulu-sesuai-sunah-sPfh2x34wm.jpg ilustrasi (stutterstock)

ZAMAN sekarang kebanyakan orang tak bisa lepas dari handphone atau gawai. Kapan ada waktu selalu melihat handphone, baik untuk berkomunikasi, mengecek media sosial, browsing, menonton video, atau sekadar main game.

Kebiasaan ini bahkan terbawa saat waktu-waktu ibadah. Misalnya selepas sholat fardhu, begitu habis salam, langsung memegang dan membuka HP. Tak sempat berzikir atau berdoa. Padahal setelah sholat sangat dianjurkan berzikir bahkan berdoa.

“Setelah selesai sholat fardhu jangan langsung lihat HP, meskipun lagi sholat bunyi tang ting tung, jangan buka HP. Habis sholat, salam, zikir dulu, itu kebahagiaan,” kata pendakwah Ustadz Firanda Andirja dalam sebuah ceramahnya yang disiarkan di chanel Youtube.

Baca juga:  Keutamaan Dakwah kepada Keluarga Terdekat

Berzikir kepada Allah, selain menuai pahala juga mendatangkan kebahagiaan. Ini seperti janji Allah dalam Alquran dan sudah terbukti kebenarannya bagi yang sudah menunaikan zikir. “Kata Allah, ‘ketahuilah dengan berzikir hatinya akan menjadi tenang,” ujar Firanda.

Setelah selesai sholat memang sangat disunahkan berzikir, mengingat Allah, jangan langsung bangun atau melalaikan diri dengan hal duniawi.

Lalu, bagaimana zikir setelah sholat fardhu sesuai sunah atau yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW?

 

Rasulullah setelah sholat fardhu berzikir dengan membaca istighfar tiga kali “Astaghfirullahal’adhim” memohon ampunan dari Allah.

Kemudian membaca: “Allahumma antassalaam wa minkassalaam tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikram”

Artinya: Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Pemilik Keagungan dan Kemuliaan."

Setelah itu kemudian lanjut membaca:

Subhanallah (Maha Suci Allah) 33 kali

Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) 33 kali

Allahuakbar (Allah Maha Besar) 33 kali

Ditutup dengan bacaan “la ilaha illallah wahdahula syarikalah, lahul mulku walahulhamdu...”

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian

Sebagaimana disebutkan dalam hadist dari Abu Hurairah yang diriwayatkan Imam Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah sholat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa 'alâ kulli syai'in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya