Intip Pembangunan Gerbang Utama Masjidil Haram, Mahakarya Arsitektur Islam

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 615 2245629 intip-pembangunan-gerbang-utama-masjidil-haram-mahakarya-arsitektur-islam-uSAdB2dYkV.JPG Gerbang Raja Abdulaziz di Masjidil Haram, Arab Saudi (Foto: Saudigazette)

PROSES pembangunan gerbang utama Raja Abdulaziz, pintu masuk utama menuju Masjidil Haram segera rampung. Gerbang yang merupakan mahakarya arsitektur Islam luar biasa ini akan menyuguhkan tampilan visual secara langsung dari Ka’bah.

Para pendatang dapat menyaksikan bangunan paling suci dalam Islam ini berjarak 300 meter dari pintu masuk.

Anas Sairafi, konsultan pengembangan desain di Jabal Omar Company dan kepala komite real estate di Makkah Chamber of Commerce and Industry, mengatakan bahwa tampilan baru dari karya arsitektur unik nan mengesankan ini dapat dilihat oleh para pendatang dari bagian façade, yang sedang dibangun dan diresmikan pada hari Jumat pagi.

Baca juga: Kemenag Serahkan Kebijakan Belajar di Madrasah Era New Normal ke Daerah

Gerbang King Abdulaziz

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa gerbang Raja Abdulaziz ini merupakan gerbang utama yang dianggap sebagai pintu utama di sisi selatan Masjidil Haram.

“Gerbang ini dirancang dengan arsitektur Islami yang begitu luar biasa, mengadopsi teknologi yang amat canggih dan dibangun dengan menggunakan material bahan terbaik. Selama proses konstruksi, situs gerbang ini dipindahkan ke luar pinggiran dari lokasi lamanya yang berjarak sekitar 50 meter,” kata dia, dilansir dari laman Saudigazette, Senin (13/7/2020).

Menurut Sairafi, ketinggian seluruh gerbang ini mencapai 51 meter, dengan tinggi lengkungan diperkirakan 20 meter. Sedangkan ketinggian masing-masing dari kedua pilar menara ini ialah 137 meter, di mana sebelumnya hanya setinggi 90 meter.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini