Hagia Sophia Jadi Masjid Lagi, Din Syamsuddin: Terserah Erdogan Saja

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 614 2246988 hagia-sophia-jadi-masjid-lagi-din-syamsuddin-terserah-erdogan-saja-Cw0aVPRseC.JPG Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin (Foto: Okezone.com)

HAGIA Shopia belum lama ini resmi beralihfungsi menjadi masjid setelah diputuskan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Sholat perdana pun akan digelar pada 24 Juli 2020 mendatang.

"Seperti semua masjid kami, pintu Hagia Sophia akan terbuka untuk semua, penduduk lokal dan asing, muslim dan nonmuslim," ujar Erdogan dalam pidatonya, seperti dilansir Reuters, Sabtu 11 Juli 2020.

Namun keputusannya tersebut menuai pro dan kontra, khususnya non-muslim yang menyayangkan Erdogan mengubah Hagia Sophia menjadi masjid, karena sebelumnya semua umat beragama bisa menyambangi bangunan bersejarah tersebut.

"Melalui putusan pengadilan ini, dan dengan langkah-langkah yang kami ambil sejalan dengan putusan ini, Hagia Sophia menjadi masjid lagi, setelah 86 tahun, seperti yang diinginkan Fatih, penakluk Istanbul," kata Erdogan.

Terkait itu, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin mengatakan, soal pengubahan status Hagia Sophia menjadi masjid itu adalah hak prerogatif Erdogan dan pemerintahan Turki yang dipimpinnya.

Baca juga: Idul Adha Hari Jumat, Bolehkah Tidak Jumatan?

"Mau dijadikan masjid itu haknya, terserah Erdogan saja," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual usai Rapat Pleno MUI ke-66, Rabu (15/7/2020).

Sementara itu anggota Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia, KH. Amidhan Shaberah mengatakan, mendukung sepenuhnya Hagia Sophia menjadi masjid. Namun jika ingin dikembalikan sebagai museum lagi juga tidak menjadi masalah. "Nanti selepas waktu sholat kembali dijadikan museum lagi tidak masalah," terangnya.

Lebih lanjut, Hagia Sophia dapat difungsikan sebagai tempat apapun misalnya kantor, karena banyak perkantoran yang digunakan untuk jadi tempat sholat. Begitu juga bisa dijadikan museum atau masjid di hari bersamaan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini