Begini Tata Cara Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Yudistira, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 330 2247291 begini-tata-cara-puasa-arafah-9-dzulhijjah-N4uhMIQrQe.jpg Ilustrasi (Freepik)

PUASA Arrafah hukumnya sunah muakkad atau sunah yang sangat dianjurkan pada saat puncak haji yakni 9 Dzullhijjah Hijriah atau sehari menjelang Idul Adha. Pada hari itu jamaah haji seluruh dunia wukuf di Arafah.

Puasa ini memiliki keutamaan yang sangat besar yakni bisa menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang, kemudian mendatangkan banyak kebaikan.

Sebagaimana sabda Rasulullah:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan dosa setahun yang akan datang.” (HR.Muslim).

Baca juga:  Jangan Tinggalkan Puasa Arafah, Ini Keutamaannya yang Wajib Kamu Ketahui

Menurut pemimpin Pondok Pesantren Minnatul Huda Purwakarta, Jawa Barat, Ustadz Nizat Maulana, Puasa Araffah dilakukan pada 9 Dzulhijjah saat jamaah haji wukuf di Padang Arafah.

Meskipun Puasa Arrafah bertepatan pada momentum wukuf, namun tata cara puasanya tidak harus mengikuti waktu di Kota Suci Mekkah.

Berikut tata cara pelaksanaan Puasa Arrafah.

1. Bagi muslim yang tidak berhaji atau wukuf di Arafah, pastikan di daerah tempat tinggalnya sudah memasuki 9 Dzulhijjah.

2. Niat Puasa Sunnah Arrafah

Niat Puasa Arafah dilakukan sebelum terbit fajar atau di malam harinya. Jika lupa atau tidak sempat makan sahur, boleh niat pada pagi hari dengan syarat belum makan, minum atau melakukan hal lain yang bisa batal puasa.

Niat Puasa Arrafah sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati arafah lillahi ta'ala

Artinya: "Aku berniat Puasa Sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT."

3. Menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa

 

Setelah berniat pada malam hari kemudian melakukan makan sahur, hal yang paling penting dalam menjalankan serangkaian Puasa Sunnah Arrafah adalah menghindari dari hal-hal yang membatalkan puasa hingga waktunya berbuka.

Perbanyak berzikir dan berdoa saja selama berpuasa arafah, karena saat itu diyakini salah satu hari ijabah doa.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini