Yuk Perbanyak Baca Tahlil di Hari Jumat, Ini Keistimewaannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 330 2247711 yuk-perbanyak-baca-tahlil-di-hari-jumat-ini-keistimewaannya-zYGM5KF4lT.jpg Ilustrasi bertahlil di hari Jumat. (Foto: Shutterstock)

JUMAT merupakan sayyidul ayyam atau hari di mana banyak sekali keutamaan di dalamnya. Hari Jumat juga merupakan waktu yang istimewa dalam Islam.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata:

"Hari paling baik di mana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu di mana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya." (HR Muslim)

Baca juga: Sudah Bernazar untuk Berkurban, Wajibkah Menunaikannya? 

Pada hari Jumat, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan memperbanyak tadarus Alquran, berzikir, melakukan amal salih, serta bertahlil.

Dijelaskan bahwa pada amalan membaca tahlil keistimewaannya sangat besar, tapi jangan lupa tetap diiringi dan dibaca beserta surah-surah lainnya di dalam kitab suci Alquran.

"Tahlil itu kan laa illahaillah. Itu dapat mengguncangkan langit dan bumi. Oleh karena itu, kita sering dikombinasi dengan membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas untuk menjauhkan dari makhluk halus," kata Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Muhammad Cholil Nafis saat ditemui Okezone di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kemudian bacaan tahlil juga dilengkapi dengan istighfar, yakni sebagai muhasabah diri dan cara agar diampuninya dosa-dosa manusia berkat senantiasa selalu mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Bermakna Salihah dan Cantik 

"Karena dosa-dosa kita akan dihapus dengan istighfar. Allah Ta'ala tidak akan menyiksa orang-orang di situ ada Nabi. Di mana di situ ada Nabi, barang siapa selalu beristighfar, maka akan dihapus dosa-dosanya," ucapnya.

Maka itu, para ulama menggabungkan bacaan tersebut menjadi tahlilan. Bukan hanya berpahala, namun juga terdapat beberapa keutamaan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian hari Jumat juga menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Kaum Muslimin pun dianjurkan memperbanyak doa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala pada hari Jumat.

Baca juga: Benarkah Miskin Tanda Gagalnya Kehidupan Seseorang? 

Ilustrasi berdoa. (Foto: Shutterstock)

Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebut hari Jumat lalu Rasulullah bersabda:

"Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang Muslim melakukan sholat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan. Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu." (HR Bukhari Muslim)

Wallahu a'lam.

Baca juga: Bagaimana Hukum Menikahi Perempuan yang Hamil di Luar Nikah? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya