Kesalahan-Kesalahan Berdoa saat Sholat Malam yang Wajib Kamu Ketahui

Yudistira, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 330 2248148 kesalahan-kesalahan-berdoa-saat-sholat-malam-yang-wajib-kamu-ketahui-eObdhPOzIV.jpg ilustrasi (stutterstock)

ALLAH SWT telah menjelaskan dalam Alquran tentang besarnya pahala melaksanakan sholat malam atau tahajud. Allah menganjurkan Nabi Muhammad SAW untuk sholat malam agar jadi pedoman bagi umat. Tapi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat sholat malam.

Prof Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Abbad Al-Badr dalam bukunya ‘Kupas Tuntas Shalat Malam’ menuliskan keutaman-keutamaan sholat malam dan hal-hal yang dilarang ketika berdo'a dalam sholat malam.

Allah berfirman dalam Alquran:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā

Artinya: “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Baca juga:  Kisah Nabi Ibrahim Menghancurkan Berhala hingga Dibakar Raja Namrud

Rasulullah SAW senantiasa meganjurkan kepada para sahabatnya untuk sholat malam dan membaca Alqur'an di dalamnya.

Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Muslim, Nabi Muhammad bersabda, "Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat yang dilakukan di malam hari."

Meskipun kedudukan orang-orang yang melakukan sholat malam begitu besar, ada beberapa yang harus diketahui seputar kesalahan-kesalahan dalam berdoa ketika melakukan sholat malam, sebagai berikut:

1. Membuat doa seperti sajak ataupun puisi yang terkesan rumit

dari Ibnu Abbas Ra, ia memberi nasihat kepada budaknya yang bernama Ikrimah Ra seraya berkata "Lihatlah doa yang seperti sajak puisi, tinggalkanlah seperti itu karena aku pada saat bersama Rasulullah dan para sahabat tidak pernah melakukan hal tersebut." (HR Al-Bukhari).

 

Syaikhul Islam Ra berkata,"Apapun doa yang dibuat-buat seperti sebuah sajak, berpura-pura menangis dengan terisak-isak, berpura pura fasih dalam kata, maka doa seperti itu dilarang."

2. Meninggikan suara ketika berdoa

Para salafus shalih pada umumnya sangat membenci perbuatan yang meninggikan suara saat berdoa. Bahkan tidak sedikit dalam kitab-kitab mereka menyebut hal tersebut bid'ah.

Al Hasan Al Bashari pernah berkata "meninggikan suara pada saat berdoa adalah bid'ah.”

Ibnu Musayyab At Thabari mengomentari hadist yang diriwayatkan Abu Musa Al Asya'ri "Wahai manusia, pelaan-pelanlah dalam berdoa sesungguhnya kalian tidak berdoa kepada dzat yang tuli dan tidak ada." ( muttaqun Alaih).

Dalam hadist ini menjelaskan makruhnya meninggikan suara pada saat berdoa.

3. Melagukan lafazd doa

Menurut Ibnu Taimiyah Ra, melagukan doaa ketika sholat dilarang.

4. Berlebih-lebihan saat mengangkat tangan ketika berdoa

Annas Ra pernah berkata "Rasulullah SAW tidak pernah mengangkat kedua tanganya pada setiap doa kecuali pada doa istisqa (meminta hujan). Beliau mengangkat kedua tangannya sehingga terlihat warna putih ketiaknya (HR. Bukhari dan Muslim).

Menurut Ibnu Rajab yang dimaksud hadist di atas, Rasulullah tidak pernah bedoa dengan mengangkat tangan sangat tinggi, itu terkesan berlebihan kecuali dalam doa istisqa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya