Baik untuk Kesehatan, Makan Buah Sebelum Makan Ternyata Ajaran Rasulullah Lho

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 614 2250916 baik-untuk-kesehatan-makan-buah-sebelum-makan-ternyata-ajaran-rasulullah-lho-F2HDgCuOCc.jpg ilustrasi (stutterstock)

MAKAN buah banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Masyarakat di Indonesia sering menyantap buah setelah makan berat seperti nasi, roti dan lainnya. Buah diistilahkan sebagai ‘pencuci mulut’.

Padahal, dalam dunia kesehatan dianjurkan makan buah sebelum makan besar. Waktu terbaik adalah sekira 30 menit sampai 2 jam sebelum makan, atau 1 hingga 2 jam setelah makan.

Tujuannya agar lebih memudahkan penyerapan gizi yang terkandung di dalamnya dan tidak bersaing dengan penyerapan makanan utama serta bisa juga meningkatkan kadar glukosa darah.

Nah, ternyata jauh sebelum ahli kesehatan menganjurkan makan buah sebelum makan besar, Rasulullah Nabi Muhammad SAW sudah mempraktikkan dan mengajarkan hal demikian sejak 1400 tahun lalu.

Ulama-ulama pewaris nabi kemudian menyebutkan mendahulukan buah lalu kemudian makanan utama adalah bagian dari adab makan sesuai tuntunan Rasulullah.

Baca juga: Dear Bumil, Kalau Mau Anak Saleh dan Pintar Coba Amalkan Doa Ini

Dalam Surah Al-Waqiah disebutkan, “dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” (QS.Al-Waqiah: 20-21)

“dan kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini.” (QS. At-Thur:22)

Dalam beberapa ayat tersebut, Allah mendahulukan menyebut buah-buahan, lalu dilanjutkan dengan menyebutkan daging sebagai umat manusia.

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits bersabda, “sekiranya salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka hendaklah ia melakukannya dengan buah kurma, sesungguhnya hal itu merupakan berkah.” (HR. Abu Daud)

Sebagaimana disebutkan oleh Imam An-Nawawi rahimahullah,

“Imam An-Nawawi telah menyebutkan ketika menjelaskan hadits Abi Al-Haitsam bin Thihan tatkala ia datang kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dan ada Abu Bakar dan Umar. Ia membawa wadah yang berisi kurma basah dan kurma kering, kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata, ‘makanlah ini (kurma)’, kemudian mengambil hidangan dan kemudian pergi.”

Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa hadits ini sebagai dalil dianjurkannya mendahulukan makan buah, baru kemudian roti, daging dan makanan pokok lainnya.

Dikutip dari halaman Youtube Sobat Herbal, “Jadi, saya menyarankan perbaikilah perut dan sayangi badan kita dengan cara berkenalan dengan mereka-mereka ini (buah-buahan) nanti kehidupan kita InsyaAllah lebih terjamin kesehatannya,” ujar dr. Zaidul Akbar, dokter yang seringkali berdakwah.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini