Jalan-Jalan ke Hagia Sophia, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Unik Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 615 2251123 jalan-jalan-ke-hagia-sophia-jangan-lupa-cicipi-kuliner-unik-ini-P3QooZVaZN.jpg Ayran dan roti (Foto Hurriyet Daily News)

TURKI negara yang menarik dikunjungi. Banyak destinasi menarik di negara ini terutama situs-situs bersejarah. Salah satunya paling terkenal adalah Hagia Sophia di Kota Istanbul. Bangunan bekas Katedral berusia 1.500 tahun ini sudah diubah status menjadi masjid.

Nah, saat berkunjung ke Turki melihat Hagia Sophia atau destinasi lain, jangan lupa cicipi kuliner khasnya yang bisa membuat para pelancong rindu akan negara ini.

Baca juga: Besok Muslim Turki Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia

Selain kebab, ayran jadi salah satu kuliner legendaris dan terkenal di Turki. Ayran merupakan minuman dari yogurt yang terbuat dari susu segar.

Melansir dari Hurriyet Daily News, Kamis (23/7/2020), ayran biasa dinikmati sebagai sarapan pagi dengan roti panggang isi daging di distrik Susurluk di propinsi barat Balıkesir.

Minuman tradisional Turki ini juga dikenal oleh para wisatawan sebagai kuliner yang lezat, sehat dan tentunya menyegarkan. Walikota Susurluk, Turki, Nurettin Güney mengatakan, jika kawasannya tersebut sudah menjadi tempat wisata yang cukup terkenal.

ilustrasi

Hagia Sophia (Unsplash)

“Ayran yang kami buat sangat sempurna dan segar. Roti panggang yang kami buat juga diproduksi dengan sempurna dengan cheddar, sosis, mentega, dan roti. Kami memproduksi roti dan yogurt sendiri. Kami juga akan memproduksi keju dengan membuat fasilitasnya segera,” katanya.

Selain itu memperhatikan kebersihan juga sangat baik. Semua orang yang melewati Susurluk akan berhenti hanya untuk menikmati minum ayran. Nurettin bilang, jika siapa saja yang mecoba kuliner khas kotanya ini akan ketagihan.

“Siapa pun pasti akan datang lagi setelah mencicipi ayran dan bersulang di sini, ”ucapnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini