Tahajud di Sepertiga Malam, Waktu Terbaik untuk Berdoa

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 614 2251590 tahajud-di-sepertiga-malam-waktu-terbaik-untuk-berdoa-h7UatC4HPM.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SALAH satu waktu berdoa terbaik adalah saat persetiga malam, yakni antara pukul 00.30 hingga pukul 03.00 dini hari. Biasanya bagi umat Islam terbangun pada waktu tersebut, kemudian melakukan sholat tahajud, hajat atu sholat sunah lainnya.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, pada sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk berdoa atau melaksanakan sholat sunah yang disebut Sholat Tahajud.

"Allah akan membuka pintu pertolongan bagi hambaNya yang berdoa pada malam itu," katanya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari bertahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra ayat 79).

Baca juga: Wajib Tahu, Begini Hukum Santet Menurut Islam dan Cara Mengatasinya

Dan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya: "Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim no. 757).

Sementara itu, dikutip dari buku Berkah-Berkah Sepertiga Malam yang Terakhir karya Wahyudi Nur Arifin, Allah Subhanahu wa Ta'ala mencintai hambanya yang menjalankan sholat tahajud. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Dan tidak henti-hentinya hambaKu mendekatkan diri kepadaKu dengan amalan nafilah, sehingga aku mencintainya. Apabila ia memohon kepadaku, pasti Aku kabulkan. Jika ia memohon perlindunganKu, pasti aku lindungi," (HR. Bukhari).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ibadah pada malam hari termasuk amalan yang berat. Bagaimana tidak, hal ini dikarenakan pada waktu tersebut kebanyakan orang sedang lelap dalam tidurnya.

Lalu orang mukmin dianjurkan bangun pada sepertiga malam terakhir, demi melaksanakan sholat tahajud. Karena waktu tersebut sangat berat untuk melakukan ibadah maka shalat malam hukumnya sunah muakkad (sunah yang ditekankan).

Saking banyaknya keutamaan di balik sholat malam, Rasulullah sampai mengandaikan apabila tidak memberatkan umat beliau, niscaya sholat tahajjud bisa saja dihukumi wajib. Rasulullah sendiri tidak pernah absen menghidupkan sepertiga malam terakhir dengan sholat tahajjud.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya