Suami-Istri Asal Jepang Ini Merasa Istimewa Bisa Berhaji di Tengah Pandemi

Hantoro, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 614 2256099 suami-istri-asal-jepang-ini-merasa-istimewa-bisa-berhaji-di-tengah-pandemi-LdY45IheBi.jpg Jamaah haji 1441H di Masjidil Haram. (Foto: Twitter @hsharifain)

BAGI Zineb el Farissi dan suaminya Yasser el Farissi, jamaah haji asal Jepang, pelaksanaan ibadah haji tahun ini adalah sesuatu yang sangat unik dan istimewa. Pasalnya, penyelenggaraan rukun Islam kelima tersebut sangat terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat di tengah pandemi virus corona (covid-19).

"Seluruh pengalaman haji berada di luar harapan. Menunaikan ibadah haji tahun ini di tengah pandemi memang istimewa," ungkap Zineb, dikutip dari Saudigazette, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Uniknya Tukang Cukur di Mina Berpenampilan seperti Petugas Medis 

Mereka menyatakan tidak ragu mendaftar secara daring untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini, meskipun semua aturan ketat diberlakukan guna mencegah persebaran covid-19 di Tanah Suci Makkah.

"Alhamdulillah ketika kami diterima itu adalah sukacita yang sejati, dan kami sangat bersemangat mengambil bagian dalam perjalanan haji seumur hidup ini," jelasnya.

"Tak lama setelah diterima, kami dihubungi oleh beberapa pejabat di Kementerian Haji yang memberi penjelasan singkat kepada kami tentang seluruh proses dengan cara yang sangat jelas, membimbing kami melalui semua persiapan, dan memberi tahu kami tentang tindakan pencegahan yang harus kami ambil untuk haji," papar Zineb.

Mereka kemudian dihubungi oleh seorang pejabat di Kementerian Kesehatan untuk melalui langkah-langkah pemeriksaan yang diperlukan termasuk vaksin meningitis dan uji virus corona.

Baca juga: Ditelpon Erdogan, Jokowi Ucapkan Selamat Idul Adha ke Rakyat Turki 

"Setelah itu kami diminta mengikuti periode karantina ketat di rumah untuk memastikan keselamatan kami dan keselamatan jamaah lainnya," terangnya.

"Kami kemudian berangkat ke Makkah pada Sabtu (25 Juli 2020) untuk menyelesaikan karantina di hotel. Perjalanan dari Riyadh ke Makkah sangat lancar. Lalu mendapat pelayanan yang luar biasa di hotel. Para pemimpin tim terus berkomunikasi dengan kami dan memberikan kami semua dukungan serta bantuan dalam segala hal," bebernya.

Singkatnya, keputusan pasangan asal Jepang ini untuk ikut melaksanakan ibadah haji 2020 ternyata di luar harapan dan sangat memuaskan.

"Semuanya dipersiapkan dengan baik dan dipikirkan. Semoga semua menghargai penyelenggara dari Kementerian Haji dan Umrah, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Media. Terakhir, kami merasa sangat diberkahi karena terpilih untuk haji tahun ini. Kami sangat berterima kasih kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan kepada Pemerintah Arab Saudi untuk semua keramahtamahannya," pungkasnya.

Baca juga: Inilah Calon Penghuni Surga 

Jamaah haji. (Foto: Twitter @HaramainInfo)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini