Sunah Rasulullah Terbukti Ilmiah, Makan-Minum Sambil Duduk Ternyata Lebih Sehat

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 614 2256152 sunah-rasulullah-terbukti-ilmiah-makan-minum-sambil-duduk-ternyata-lebih-sehat-lJMpqLLxYf.jpg ilustrasi (stutterstock)

ISLAM mengajarkan segala sesuatu agar manusia menjadi pribadi yang lebih baik dan beradab. Salah satunya adalah saat makan dan minum, dianjurkan untuk tetap duduk seperti sunah Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam.

Dikutip dari buku pintar ‘Sains dalam Alquran’ karya Dr. Nadiah Thayyarah, terdapat beberapa riwayat hadis menjelaskan anjuran tidak berdiri ketika sedang makan dan minum.

Diriwayatkan dari Abi Sa’id al-Khudri Rasulullah Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:

Dari Anas dan Qatadah diriwayatkan bahwa Nabi melarang seorang laki-laki minum sambil berdiri.

Qatadah berkata, “Kami lalu bertanya, “Lantas bagaimana halnya dengan makan sambil berdiri?” Beliau menjawab, “Tentu itu lebih buruk dan lebih keji lagi.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Baca juga: Alquran Ungkap Fakta Mengagumkan Dialami Otak Manusia pada Usia 40 Tahun

Abu Hurairah juga meriwayatkan bahwa Nabi bersabda, “Janganlah seorang dari kalian minum sambil berdiri, siapa yang lupa, maka hendaknya ia memuntahkannya lagi.” (HR. Muslim).

ilustrasi

Ilustrasi (MNC Media)

Diriwayatkan dari Anas Ibnu Malik, ia berkata, “Rasulullah melarang minum sambil berdiri dan minum langsung dari mulut botol.” (HR. Muslim).

Abu Hurairah juga meriwayatkan bahwa Nabi bersabda, “Janganlah seorang dari kalian minum sambil berdiri, siapa yang lupa, maka hendaknya ia memuntahkannya lagi.” (HR. Muslim).

Diriwayatkan dari Anas ibn Malik, ia berkata, “Rasulullah melarang minum sambil berdiri dan minum langsung dari mulut botol.” (HR. Muslim).

Dr. Abduraziq al-Kailani berkata, “Minum dan makan sambil duduk lebih sehat, lebih memuaskan, dan lebih aman. Karena apa yang dimakan dan diminum langsung mengalir melalui dinding lambung dengan perlahan dan lembut.”

Adapun minum sambil berdiri, dapat menyebabkan jatuhnya cairan secara tiba-tiba ke dalam lambung. Jika praktik ini terus dilakukan, maka seiring waktu, akan menyebabkan gangguan pada lambung sehingga menyulitkan pencernaan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini